Pengda Kagama DIY dan Pengcab Kagama Kulonprogo Menyerahkan Bantuan APD di Kulonprogo

Selasa, 28 April 2020 Pengda Kagama DIY bersama dengan Pengcab Kulonprogo menyerahkan bantuan APD kepada beberapa fasilitas kesehatan di Kulonprogo. Bantuan tersebut berupa coverall, baju perawat (gown), apron dan face shield. Penyerahannya dilakukan oleh Ketua Pengda KAGAMA DIY Gatot Saptadi didampingi oleh Wakil Ketua Surjadiman dan Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial Syahbenol Hasibuan. Sedangkan dari Pengcab KAGAMA Kulonprogo diwakili oleh Ketua Pengcab KAGAMA Kulonprogo Riyadi didampingi oleh Sunarto.

Bantuan yang diberikan kepada RSUD Wates berupa 32 coverall, 32 face shield 8 Apron dan 4 gown diterima oleh Direktur RS dr. Lies Indrajati, SpA. Kemudian untuk RSUD Nyi Ageng Serang bantuan berupa 24 coverall, 24 face shield 6 apron dan 3 gown. diterima oleh Direktur RS dr. Sandrawati Said, M. Kes. Lalu Puskesmas Temon I mendapat bantuan berupa 12 coverall, 12 face shield, 3 apron dan 2 gown. Yang terakhir PMI Cabang Kulonprogo juga mendapatkan bantuan APD berupa 16 coverall, 16 face shield, 2 apron dan 1 gown.

Menurut Ketua Pengda DIY, Gatot Saptadi, dalam situasi kondisi pandemi Covid-19 ini Kagama DIY terpanggil dan peduli terhadap dampaknya. Terutama kepada mereka yang terlibat langsung di garda depan di fasilitas-fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, dan PMI . Mereka itulah yang harus diberi perlengkapan Alat Perlindungan Diri yang memadai, dimana saat ini dirasakan tidak mencukupi. Oleh karena itulah bantuan yang diberikan berupa APD. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tetapi diharapkan dapat membatu petugas medis dalam melaksanakan tugasnya dengan aman.

Dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kulonprogo, dr. Sri Budi Utami dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada PP Kagama, Pengda Kagama DIY, dan Pengcab Kagama kulonprogo, yang telah peduli terhadap tenaga medis yang bertugas dalam masa wabah Covid-19 ini. Karena APD itu memang sangat diperlukan dalam menangani pasien.

Di lain kesempatan pada acara yang sama, Syahbenol Hasibuan menjelaskan bahwa dalam menetapkan faskes yang menerima bantuan APD tersebut adalah Pengda Kagama DIY dan Pengcab Kagama Kulonprogo berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Kulonprogo. Karena Dinkes sebagai anggota Gugus Satgas Penanganan Covid-19, yang tahu persis mengetahui kebutuhan faskes di wilayahnya.

Sementara itu, ketua Pengcab Kulonprogo Riyadi menyatakan bahwa senang dilibatkannya Pengcab Kagama Kulonprogo dalam penyaluran bantuan APD kepada faskes di daerahnya. Karena Pengcab bisa ikut berpartisipasi dalam tugas kemanusiaan sekaligus untuk menunjukkan eksistensi Pengcab Kulonprogo bahwa mereka ada & bisa berguna buat sesama.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*