Kisah Canthelan di Perbatasan Jakarta dan Depok

Oleh: Heni Widodowati

Nderek dawuhe mas Ganjar tentang “Jaga Tangga” saat pembukaan training online CoVID Peer Support awal Mei lalu dan cerita keluarga tentang kondisi warga sekitar rumah yang kena PHK, berpenghasilan minim seperti Ojol dan tukang jahit, terbersit untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan saat Pandemi CoVID 19 melanda negeri ini. Gayung bersambut saat mengajukan lingkungan rumah dijadikan posko Kagama Canthelan. Sebetulnya canthelan ini mengadopsi ide dari mbak Ardiati sebagai pelopor canthelan yang tinggal Yogyakarta. Kagama Canthelan membantu warga terdampak menyediakan bahan sayur/sembako untuk masak sehari-hari.

Hari pertama tanggal 7 Mei 2020 Posko Kagama Canthelan Jl Medis HM Sabin/ Delima 1 RT 7 RW 5 No. 28 A Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan mendistribusikan 7 paket sayur lauk mentah. Lalu hari ke-2 sebanyak 9 paket, hari ke-3 hingga kini hari ke-10 ada 10 paket yang didistribusikan setiap hari dan bergiliran untuk warga di 3 RT RW 5 Srengseng Sawah.

Selain dana dari Kagama Canthelan untuk operasional, posko menerima donasi dari beberapa donatur. Di samping itu, Posko bekerja sama dengan warung sayur sekitar rumah untuk tetap menggerakkan ekonomi warga. Sempat terjadi insiden, seorang warga ambil 1 kresek berisi 5 canthelan dan ketahuan, segera diberi pengertian bahwa canthelan cukup ambil 1 saja karena warga yang lain yang memiliki giliran hari itu ambil canthelan juga membutuhkan. Demikian sekelumit kisah canthelan di perbatasan Jakarta dan Depok.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*