Selalu Ada Sinergi Kebaikan Dalam Program Canthelan

Oleh: Ekan NS

Sejak program canthelan diluncurkan oleh mbak Ardiati Bima awal April 2020 yang lalu, sampai saat ini sudah tak terhitung lagi sinergi kebaikan yang ditimbulkannya. Banyak pihak yang terdampak Covid-19 yang memperoleh manfaatnya. Juga melibatkan banyak pihak atau lembaga yang entah kenapa tiba-tiba tergerak untuk membantu sesama lewat canthelan.

H. Mas Yanto Herlianto Ketua Umum KAVOGAMA

Seperti yang terjadi pada Jumat 19 Juni 2020 ketika saya tiba-tiba ditelpon oleh mas Iqbal Tuwasikal (Kehutanan 1997) penanggung jawab gerakan GENDULI (Gelanggang Peduli Petani). Ia bilang ada donasi 25 paket sayuran Genduli yang khusus dipesan oleh KAVOGAMA (Keluarga Alumni Sekolah Vokasi Gajah Mada) lewat ketuanya H. Mas Yanto Herlianto. Semua diserahkan padaku pendistribusiannya.

Ratih Lovina yang baik hati telah berkenan mengantarkan sayur

Waaaow hati ini rasanya senang banget. Tapi berikutnya terpikirkan bawanya gimana dari markas Genduli di Pogung Baru C21 sampai ke rumahku Ndalem Mangunsudiran Bangirejo? Karena kendaraan sedang dipakai ke Magelang untuk ambil sayuran juga. Lalu tiba-tiba saya teringat ucapan mbakyu Ratih Lovina beberapa waktu yang lalu “Kalau butuh pertolongan hubungi aku yaaaa….”

Warga Bangirejo yang dengan senang hati ikut membantu

Alhamdulillah, ketika kukontak gayung langsung bersambut. Mbakyu Ratih bersedia dan bisa mengambilkan paket donasi sayuran. Keren banget ternyata disopiri sendiri. Hari Sabtu (20/6) jam 22.10 WIB sayuran sampai di Mangunsudiran. Tak lama disusul oleh kedatangan tim belanja sayuran Mangunsudiran, pak Muji & oom Fandolin. Karena Mangunsudiran juga belanja sayur ke petani, maka ketika digabung dengan sayuran Genduli dari sumbangan Kavogama menjadi banyak banget.

Salah satu PIC canthelan yang mengambil sendiri ke Mangunsudiran

Langsung terbayang PIC-PIC yang perlu dibagi, dalam bayanganku bisa menjangkau rata titik canthelan yang ada di Jogja karena banyaknya sayuran. Dibantu para remaja dan warga yang agak sepuh alias mantan remaja Bangirejo, malam-malam langsung packing bareng menjadi 9 paket besar. Lanjut Minggu (21/6) pagi secepatnya didistribusikan ke-9 titik Canthelan KC, supaya segera sampai ke mereka yang memerlukan dan agar sayur tidak keburu layu. Empat titik diantar oleh tenaga andalan Mangunsudiran oom Fandolin, tiga titik diambil PIC, satu titik dikirim lewat Go Send & satunya buat warga Bangirejo.

Saya bahagia membayangkan beberapa PIC, kerabat, serta tetangga kanan kiri yang menerima pembagian sayur. Betapa banyak wajah yang tersenyum ceria & pastilah akan ada doa-doa yang dipanjatkan mereka, sehingga membuat sinergi kebaikan akan lebih berlipat-lipat.

Matur nuwun sahabat semua. Warna-warni sayuran dan doa terkirim untuk panjenengan semua. Salam & bahagia dari pojok Mangunsudiran.

Event Akan Datang

Urban Farming

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*