Kecanduan Berbuat Baik

Oleh: Ika Andreyo

Addicted alias kecanduan itu ternyata tidak hanya terjadi di dunia narkoba, kuliner maupun dunia gadget dengan game alias permainan yang bermacam-macam. Kecanduan berbuat sesuatu yang baik apalagi direspon dengan baik oleh lingkungan sekitar ternyata juga menjadikan candu. Selalu ingin mengulang-ngulang lagi karena membuat kita bahagia, juga orang lain.

Ledok Gowok, tempat saya dan partner saya Isma Kurnia berbagi kebaikan, rupanya kecanduan canthelan.  Canthelan terakhir di Ledok Gowok dihelat ketika Idul Adha dan dijadikan momen puncak atau akhir dari kegiatan canthelan. Waktu itu warga membuat canthelan untuk 127 KK di 2 RT. Semua mendapat jatah yang sama yaitu buah jeruk. Dengan dana dari tabungan sodaqoh dan bantuan dari donatur. 127 KK mendapatkan buah jeruk. Sebuah kegiatan mengakhiri canthelan yang mengharukan dan membuat saya bangga dan bahagia. Saya tidak akan mendorong mereka membuat canthelan lagi. Mereka sudah membuat keputusan dengan diskusi panjang yang tidak meninggalkan kearifan ala Ledok Gowok.

Namun beberapa hari yang lalu, saya mendapat kiriman foto-foto dan cerita dari PIC Ledok Gowok bahwa mereka sudah 2 Jumat ini menggiatkan canthelan lagi dengan dana dari donatur dan tabungan sodaqoh warga. Dengan menyediakan 70-80 pack tiap kali acara canthelan dihelat memang akan selalu dirindukan. Pagi-pagi yang senyap beberapa warga pergi ke pasar untuk belanja bahan-bahan canthelan. Sampai di Ledok Gowok sudah disambut beberapa ibu yang sigap ikut packing. Selalu ada tawa & senda gurau yang membuat pagi semakin ceria dan meriah.

Selesai packing, bahan-bahan sayur dicanthelkan di tempat yang sudah tersedia dan ada kegembiraan lain disana yaitu menunggu canthelan dan membantu mengambilkan canthelan yang diminati warga. Kenapa harus dibantu? Karena letaknya tinggi dan isi canthelan itu bermacam-macam. Memilih isi canthelan ini juga bisa menjadi gurauan-gurauan ringan dengan jokes yang membuat banyak orang yang mendengar ikut tertawa. Ada kebahagiaan di sana. Serasa jaga toko tapi juragannya tidak galak, karena bisa sambil bercanda dan tertawa-tawa.

Berkumpul dan bergembira sambil berbuat sesuatu yang baik dalam hal ini kegiatan canthelan ternyata menjadi imune booster tersendiri. Kerinduan berkumpul, bercanda dan saling menyapa sedikit terobati walau hanya sebentar dan dilakukan sambil mempersiapkan dan menunggu canthelan.

Sungguh canthelan itu adalah sebuah candu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*