Canthelan di Gunung Ketur Hasil Kolaborasi Kagama Care dengan Kagama Beksan Yogyakarta

Lokasi atau titik canthelan semakin lama semakin banyak saja jumlahnya. Baik yang di Yogyakarta maupun di kota-kota lainnya. Untuk Yogya mulai Jumat (5/6/2020) bertambah satu titik lagi di daerah Gunungketur, Kec. Pakualaman, Kodya Yogya. Lokasinya di RW 02 di mana ada 4 RT yang terlibat yaitu RT 05 s/d 08.

Asti Wulandari PIC Canthelan Gunungketur

Yang menjadi PIC lokasi tersebut adalah Asti Wulandari (Fakultas Hukum 2002), meski Asti sendiri tidak tinggal di situ. Yang merupakan warga Gunungketur adalah sepupunya yang bernama Diana Puspitasari (Fakultas Hukum UGM 2006) yang membantu dalam meracik paket canthelan & mencanthelkannya pada tembok sebuah rumah tua yang terbengkalai. Mereka sangat dibantu oleh ketua RW 02 bernama pak Krisyanto, yang merupakan warga Kagama juga Jurusan Sosiologi angkatan 1977, beserta istrinya yang bernama bu Hasnah.

Diana Puspitasari warga Kagama Fakultas Hukum 2006 ikut membantu memasang canthelan

Kata Asti dana yang dipakai buat canthelan dari stimulus Kagama Care kemudian ditambahi oleh Kagama Beksan Yogya, yang mana akhirnya ada beberapa warga yang menyumbangkan bahan-bahan pokok untuk ikut dicanthelkan. Jadi ada dana yang lumayan besar & harapannya usia canthelan di Gunungketur akan panjang. Di hari pertama 40 canthelan langsung ludes dalam waktu yang tidak lama. Di hari kedua ada 22 canthelan dari warga & 25 dari Kagama Care sinergi Kabek Yogya, jadi total 47 jumlahnya. Itupun juga langsung habis dalam waktu singkat.

“Karena dana melibatkan 4 RT maka kami merencanakan akan membuka 1 atau dua titik lagi di lokasi yang berbeda agar tercipta keadilan, yang mengambil canthelan bisa merata. Kasihan bagi yang rumahnya agak jauh, apalagi bagi yang sudah sepuh.” demikian ujar Asti.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*