PP KAGAMA Bidang 6 Urusan Seni Budaya Mendukung Pentas Ketoprak di Magelang

Hari Sabtu 8 Februari 2020 dalam rangka peresmian paguyuban ketoprak “Kalengga Jaya” pimpinan Y.A. Dibyo Susatya, Spd., diadakan pentas seni ketoprak dengan lakon “Sekar Pudhak Kencana” di dusun Jetis Tampirwetan Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Gending pengiringnya adalah Kelompok Karawitan “Ngudi Laras” yang juga di bawah binaan Susatya. Acara yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan & Kebudayaan, serta didukung oleh PP KAGAMA Bidang 6 Urusan Seni Budaya tersebut dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan, Kominfo, Pariwisata, Komite Seni Budaya Nasional, Forum komunikasi Media Tradisional (FKMETRA),  Muspika Candimulyo, beberapa lembaga budaya & budayawan kabupaten dan kota (Mbilung Sarawita, Kota Toea, Poh, Malanggati, Ki Sodong, Reptile Reaque, Pepadi, Kamala Sambara, Jamaah Kopdariah, Tasaka, Joglo, Pete Rachel Horison asal Inggris).

Turut  hadir pula mewakili PP KAGAMA adalah Antonius Totok Sugiyarto, yang mana kehadirannya tentu saja bukan tanpa kesengajaaan karena ia adalah termasuk pengurus PP KAGAMA Bidang 6 sekaligus pembina Kesenian Anak Tradisional “Kukilo” yang ikut memeriahkan pentas ketoprak tersebut. PP KAGAMA terlibat dalam acara tersebut karena sesuai dengan salah satu program Bidang Pengabdian Masyarakat yang merupakan perpaduan antara memperkenalkan seni budaya ke generasi muda & cinta lingkungan dengan menggalakkan penanaman bibit tanaman.

Selain pentas ketoprak acara tersebut sekaligus dijadikan ajang penyerahan pengesahan organisasi dari Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan kepada Pimpinan paguyuban Ketoprak “Kalengga Jaya”. Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan apresiasi terhadap pelestarian kegiatan budaya ini sebagai salah satu bentuk kecintaan kita kepada tanah air dan mengucapkan selamat atas disahkannya paguyuban ketoprak. Ia juga memohon untuk terus dikembangkan dan bersinergi dengan masyarakat apalagi kegiatan ini melibatkan anak sampai orang tua di wilayah Candimulyo dan sekitarnya

Di akhir acara ada penyerahan 100 bibit buah durian donasi dari berbagai pihak yang diprakarsai oleh PP KAGAMA sebagai bagian dari pelestarian lingkungan dan menunjang kecamatan Candimulyo sebagai sentra durian. Adapun fihak pemberi donasi adalah Kepala Balai DAS Sungai Progo Opak dan Serayu, PP KAGAMA, KAGAMA Riau & masyarakat sekitar.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*