Bakti Sosial Kagama Depok pada Hari Raya Imlek

Oleh: Haris Shantanu

Memaknai Perayaan Imlek 2572, Kagama Depok menyelenggarakan kegiatan aksi sosial, sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Target sasaran penerima paket makanan adalah para pekerja sektor transportasi dan juga pedagang yang berada di Terminal Kota Depok Jawa Barat.

“Kami mengemban amanat dari beberapa kawan Kagama yang memiliki hajat, dengan menyediakan paket makanan. Kami mendapatkan amanah dari 2 (dua) anggota Kagama Depok, satu untuk peringatan 1,000 hari meninggalnya suami salah satu anggota Kagama, dan satu lagi ulang tahun anak sulung dari anggota Kagama,” tutur Sriyanto selaku Plt Ketua Pengcab. Kagama Depok, Jumat (12/02/2021).

Aksi sosial Kagama Depok diikuti oleh 25 orang dengan menggunakan dresscode berwarna merah sebagai bentuk partisipasi memperingati Hari Raya Imlek. “Kami ingin menyatakan solidaritas kami dalam perayaan Imlek di Kota Depok. Ya, kami prihatin di sini sama sekali tidak ada terlihat spanduk atau apa pun pada momen Hari Raya Imlek ini. Kami ingin menyatakan penghargaan atas keberagaman dan toleransi,” jelas Hari Budi Santosa salah satu anggota Kagama lulusan Teknik Arsitektur.

Selain anggota Kagama Depok, yang ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini beberapa melibatkan jaringan Harmoni Warna Indonesia (HWI), sebuah kelompok masyarakat Kota Depok yang peduli pada keberagaman dan toleransi di Kota Depok. “Kami memiliki Kota Depok, dan saat mendapat informasi bahwa Kagama Depok mau membuat acara ini, ya saya merasa harus terlibat. Demi Kota Depok yang lebih beragam, toleran dan berbudaya,” jelas Syarief Wiriadinata dari HWI.

Bagi Kagama Depok sendiri, momentum Hari Raya Imlek menjadi ajang yang menyatukan anggota. Libur nasional memberikan waktu untuk bertemu, sekaligus menjadi ajang untuk meneguhkan komitmen solidaritas sosial bagi masyarakat.

Mus Danang Danardono atau yang biasa dipanggil Plenthonk mengatakan, “Ya, kegiatan ini akan terus kami lakukan sesuai dengan kemampuan kami. Kagama Depok memiliki beberapa agenda kegiatan. Selama masa pandemi ini, aksi sosial seperti canthelan, pasar murah dan juga pembagian makanan sudah dilakukan. Hasilnya, ya biar masyarakat Depok yang menilai.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*