Kagama Samarinda Terus Bergerak Membangun Awarness dan Sensitivitas Akan Pandemi Covid-19 di Kota Samarinda

Kondisi negara akibat pandemi Covid-19 masih juga dirasakan oleh Kota Samarinda hingga saat ini, bahkan Samarinda saat ini sudah masuk dalam zona kuning.  Di Samarinda sendiri  yang dinyatakan positif Covid-19 sudah 9 orang.  Hal ini tentunya menjadi pekerjaan berat bagi para tim medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Virus Corona.  Keterbatasan APD (Alat Pelindung Diri) dan resiko tinggi menjadi kendala bagi rumah sakit khususnya yang menjadi rujukan.  Namun demikian resiko tersebut tentunya juga mengancam Rumah Sakit lain yang tidak menjadi rujukan terutama dalam ketersediaan APD.  Tidak hanya itu dengan meningkatnya kasus PDP dan ODP semakin membuat tim medis harus bekerja keras dalam mengatasi dan pencegah penularan lebih meluas.

Berangkat dari keprihatinan akan kebutuhan APD itulah, Pengcab Kagama Samarinda berinisiatif untuk membuka donasi bagi anggota untuk memfokuskan pada penyediaan APD, Masker Non-Medis, disifektan dan vitamin bagi tim medis di rumah sakit.  Anggota Kagama menyambut secara positif dan memberikan sumbangsih dananya hingga dapat dibelikan baju hamzat dan juga masker non-medis.  Sumbangan dari para anggota juga ada yang berupa barang seperti disinfektan dan masker kain. Bantuan akhirnya dapat terkumpul dan barang yang dipesan juga siap untuk didistribusikan.

Pada hari Selasa 21 April 2020, Pengcab Samarinda menyalurkan  donasi dari anggotanya berupa APD 100 psc, masker non-medis 500 pcs dan disifektan 160 liter.  Sumbangan tersebut didistribusikan di tiga tempat yaitu RS. Dirgahayu, RS. SMC (Samarinda Nedika Citra) dan Dinas Kesehatan Samarinda.  Secara simbolis sumbangan Kagama Samarinda diserahkan pada Pemerintah Kota Samarinda yang diterima oleh Asisten I Pemerintah Kota Samarinda H. Tejo Sutanto, SH, M.Si di Kantor BPBD Samarinda.

Setelah acara simbolis bantuan langsung didistibusikan ke tiga tempat tersebut.  Untuk Dinas Kesehatan Pengurus Kagama Samarinda langsung mengantarkan ke Rumah Sakit Karantina Covid-19 yang baru diresmikan dan berlokasi di Balai Pelatihan Kesehatan Samarinda.  Wakil Ketua Pengcab Kagama Samarinda Raynold T. Panggalo, ST sebagai yang mewakili Ketua Pengcab Kagama Samarinda Addy Suyatno Hadisuwito, S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa pendistribusian ini merupakan tahap pertama dari bantuan yang diberikan Kagama Samarinda karena masih akan ada pendistribusian tahap kedua dengan sasaran dan bentuk bantuan yang lain.  Tema besar dari kegiatan ini adalah “Keluarga Alumni Gadjah Mada Samarinda Mendukung Penanganan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19”.

Harapan besarnya Pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan masyarakat dapat kembali beraktivitas normal.  Untuk itu semua pihak perlu bergandeng tangan dan bekerja sama dalam kondisi dan situasi seperti saat ini sebagai wujud kecintaan terhadap negeri.

Salam Guyup Rukun Migunani

Addy Suyatno Hadisuwito
Enny Fathurachmi
Raynold T. Panggalo
Anggraeni Diyah Chandra Dewi

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*