KAPSIGAMART, Wadah Alumni Psikologi UGM yang Bergerak dalam Dunia Kreatif

Oleh: Humas Kapsigama

Kapsigamart adalah wadah tempat berhimpunnya alumni Fakultas Psikologi UGM yang bergerak dalam dunia kreatif. Tercetusnya ide Kapsigamart, berawal dari Bidang Penggalangan Dana dan Usaha Kapsigama yang dimotori oleh Dwi Astuti Irenaningtyas dan tim, yang berupaya untuk mendukung operasional kegiatan KAPSIGAMA (Keluarga Alumni Psikologi Gadjah Mada). Penggalangan dana dimulai dengan penjualan tanda mata Kapsigama pada tahun 2020 yang ditujukan untuk merayakan acara dies natalis Fakultas Psikologi. Tanda mata yang dijual yaitu t-shirt, tote bag, tumbler dan kalender.

Ternyata ide penjualan cindera mata tersebut disambut antusias oleh alumni. Lambat laun seiring tahun berjalan, Kapsigamart kemudian berkembang menjadi wadah alumni Psikologi UGM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. Semakin banyak alumni Psikologi yang bergabung, hingga saat ini Kapsigamart telah menghimpun 80 alumni yang tersebar di beberapa daerah untuk saling support dan menguatkan satu sama lain.

“Dalam hal ini, wadah resmi alumni Psikologi UGM, Kapsigama berkomitmen mendukung sepenuhnya alumni yang bergerak di bidang non psikologi, dan membukakan peluang pasar sesama alumni,” ujar Ketua Kapsigama, Prabaswara Dewi yang biasa akrab disapa DJ.

Untuk mendata siapa saja yang tergabung dalam Kapsigamart dan produknya apa, maka muncul ide pembuatan katalog. Dari sekian banyaknya produk yang ditawarkan, dibagi menjadi 5 kategori utama, yaitu kuliner, kesehatan, pendidikan, kerajinan, dan fashion.

Katalog Kapsigamart pertama kali diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan saat merayakan Idul Fitri bulan April  2022. Momen ini diambil, karena hari raya adalah saat yang tepat untuk berkirim hampers. Tidak sedikit alumni memanfaatkan katalog ini untuk menyambung silaturahmi dengan handai tolan.

Menurut DJ, Fakultas Psikologi UGM menyambut baik eksistensi Kapsigamart. Salah satu dukungan nyata yang diberikan fakultas adalah dengan memesan  produk-produk Kapsigamart sebagai hampers, untuk seluruh dosen dan tenaga pendidikan pada saat hari raya. Pengurus Kapsigama juga memprioritaskan Kapsigamart apabila terdapat kebutuhan untuk mengirimkan tanda sayang, baik untuk dosen, tenaga pendidikan, dan alumni, atau untuk kebutuhan operasional lainnya.

Menghidupkan jiwa kreatif dirasakan perlu, sehingga pada bulan Juli 2022, Kapsigamart mengadakan webinar untuk belajar bersama dalam webinar berjudul “Mengembangkan Kemasan, Menumbuhkan Cuan”, dengan menghadirkan hampers specialist, Wita Lawin dan visual branding expert, Gigih Budi Abadi. Webinar tersebut dirasakan sangat menginspirasi, dan memotivasi Kapsigamart untuk mencoba hal baru.

DJ menambahkan, setiap kesempatan di mana Kapsigamart bisa berperan serta, pasti akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Seperti saat Kagama Pengda DKI menggelar event “Temu Kangen” di Ancol, Minggu (18/9/2022), Kapsigamart ikut berpartisipasi untuk memperkenalkan usaha anggotanya. Mereka sampai membuka 3 booth di sana, dan produk yang ditawarkan begitu beragam, mulai dari kuliner, produk fashion, hingga kerajinan.

“Ke depannya, Kapsigama mendukung sepenuhnya Kapsigamart untuk secara regular menerbitkan katalog, menginformasikan peluang belajar, berjejaring dan membuka pasar. Di antara keterbatasan yang ada, Kapsigamart percaya, tujuan dan capaian besar, dimulai dari langkah kecil yang konsisten dengan level energi yang tinggi,” pungkas DJ.