Kagama Balikpapan Menyambut Baik Himbauan Penggunaan Masker Kain di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti yang kita tahu, penyebaran virus corona bisa didapatkan dari percikan air liur (droplet) orang yang sakit, batuk, dan juga ketika bersin. Penularan tersebut dapat terjadi jika air liur terhirup orang lain yang berada di sekitar. Masker menjadi barang terpenting untuk melindungi diri dari Covid-19. Penggunaan masker saat keluar rumah sangat penting demi menekan jumlah laju pertumbuhan virus corona. Selain itu, WHO juga telah merekomendasikan penggunaan masker di tengah-tengah pandemi virus.

Akhir-akhir ini, masker banyak dicari orang guna mengurangi risiko penularan Covid-19. Semakin langkanya masker di pasaran membuat pemerintah menghimbau penggunaan masker kain.

Ketua umum PP Kagama Ganjar Pranowo di banyak kesempatan di media sosial selalu menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain. Alasan penggunaan masker kain selain bisa di cuci dan di pakai beberapa kali, masker kain juga efektif untuk meminimalkan penularan virus corona. Selain itu masyarakat juga bisa membuat masker kain sendiri.

Pemakaian masker kain selain melindungi diri sendiri juga untuk melindungi orang lain. Oleh sebab itu, pencegahan di mulai dari diri sendiri dengan konsisten menggunakan masker kain.
Hal lain yang perlu diketahui yaitu, penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Maka, setelah empat jam, masker kain yang telah dikenakan dicuci dengan cara di rendam menggunakan air sabun.

Kagama Balikpapan menyambut baik himbauan ketua umum PP Kagama untuk mengkampanyekan penggunaan masker kain. Yang sudah dilakukan adalah memesan 10 ribu masker kain dari Sritex, yang telah didistribusikan ke anggota kagama Balikpapan dan masyarakat umum. Selain itu kagama Balikpapan juga mengadopsi kegiatan kagama pusat membuat flyer digital yang bertema “Yuk Pakai Masker Kain”.

Masing-masing anggota Kagama Balikpapan membuat foto menggunakan masker kain, yang hasil akhirnya dibuat flyer digital untuk himbauan menggunakan masker kain. Flyer digital tersebut di share ke media sosial baik oleh individu masing-masing, atau oleh pengurus Kagama Balikpapan, supaya masyarakat dapat menangkap pesan yang ada.

Diharapkan dengan himbauan tersebut, kita dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus Corona. Namun, penting juga untuk dipahami bahwa menggunakan masker hanyalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah corona virus.

Penggunaan masker kain hanya akan efektif jika disertai dengan kebiasaan mencuci tangan dengan benar dan penerapan physical distancing dengan baik. Tetap jaga kebersihan, makan makanan bergizi, dan usahakan jangan keluar rumah jika tak ada urusan penting .

Salam kagama Guyup Rukun Migunani

Ical Chaniago
Arif Budi Haryanto

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*