Ada Pembahasan Covid-19 pada Kumpul Bulanan KAGAMA Balikpapan

Minggu 8 Maret 2020 Kumpul Bulanan Kagama Balikpapan digelar lagi. Bulan ini yang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah adalah Bpk. Mulyono, General Manager Pertamina Refinery Unit V (GM RU-V) Balikpapan. Komplek Perumahan Pertamina di Gunung Dubbs memberikan nuansa segar pemandangan perbukitan dengan latar Kota Balikpapan dan Selat Makasar di latar bawah. Jalan sehat pagi menjadi lebih semangat bersama puluhan warga Kagama naik turun jalanan berbukit.

Sambil menikmati berbagai menu sarapan, kudapan tradisional jajan pasar hingga bermacam buah-buahan, acara dibuka dengan doa dan sambutan tuan rumah. Ternyata sang tuan rumah membawa satu pleton “anggotanya”, para Alumni UGM di Pertamina RU dan Proyek Kilang (RDMP) yang sebelumya belum pernah bergabung dalam kegiatan Kagama Balikpapan. Semoga dengan bergabungnya 20an lebih warga baru ini akan semakin menyemarakkan peran Kagama Balikpapan.

Setidaknya ada 3 program yang dirilis pada pertemuan kali ini :

  1. Kagama bersama Pemkot Balikpapan telah merintis program pemberdayaan masyarakat di daerah dengan problem stunting (kekeruangan nutrisi/gizi). Program peternakan lele dikelolan masyarakat diberikan modal awal dan didampingi oleh Kagama. Saat ini telah melewati 4 masa panen dan hasilnya terus membaik. Utamanya untuk dibagian dan dikonsumsi masyarakat, selebihnya dipasarkan untuk kemudian dijadikan modal kembali.
  2. Balikpapan Mengajar, sekitar tahun 2013-2015 Kagama Balikpapan punya kegiatan Bocahe Kagama dan Balikpapan Mengajar. Saat itu fokusnya adalah anak-anak usia dini warga Kagama sendiri dan kalangan terdekat. Kali ini program edukasi luar ruang ini akan digulirkan kembali untuk anak-anak usia dini di pinggiran kota.
  3. Pontar (Pondok Pintar), dimana warga Kagama yang memiliki keahlian, keilmuan, profesi di bidang tertentu akan berbagi dan mengajar untuk semua kalangan di daerah tertinggal/pinggir kota. Yang sedang berjalam untuk pertama kali ini adalah Pelatihan Digital Marketing untuk produk rumah tangga/UKM.

Selain peluncuran program-program tersebut, kumpul guyub Kagama kali ini menjadi lebih “migunani” karena adanya satu sesi khusus edukasi. Merespon Surat Edaran PP Kagama tentang kontribusi setiap pengurus Kagama di daerah untuk membantu edukasi masyarakat tentang pandemi Covid-19. Sesi kali ini para pejabat berkompeten turun gunung, tak kurang Direksi Rumah Sakit Kanujoso (Rujukan), RS. Pertamina dan Dinas Kesehatan Kota yang juga Kagama, bersama dokter-dokter Kagama antara lain dr. Bungsu Wahyu SpPD. dan dr. I Gede Dewa saling berbagi ilmu. Pada intinya melalui sesi diharapkan warga Kagama paham dan juga bisa mengedukasi lingkungannya untuk:

  1. Memiliki pengetahuan cukup tentang virus, cara penularan dan gejala inkubasinya
  2. Tidak panik menghadapi Covid-19
  3. Tidak terpengaruh hoax
  4. Mampu memproteksi diri supaya tidak tertular
  5. Mampu melakukan identifikasi gejala awal
  6. Mengerti langkah-langkah yang diambil.bila menemukan gejala

Pertemuan kumpul bulanan berakhir tengah hari. Sampai jumpa pada kumpul-kumpul lagi bulan depan. KAGAMA Balikpapan is the best !!!

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*