Ketahanan Pangan Keluarga

Oleh: Nur Saudah Al Arifa D.

Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan (kemampuan memiliki sejumlah pangan yang cukup untuk kebutuhan dasar) dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya (kemampuan memiliki sumberdaya baik secara ekonomi maupun fisik untuk mendapat pangan bernutrisi). Sebuah keluarga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan.

Ketahanan pangan nasional berawal dari ketahanan pangan dari level terkecil yaitu keluarga. Apabila seluruh keluarga telah mampu memenuhi kebutuhan pokok terkait pangan, maka secara tidak langsung akan menjadi sumber keberlangsungan pangan secara nasional.

Dimasa pandemi ini, pemenuhan kebutuhan pangan keluarga menjadi hal yang utama untuk diperhatikan, segala daya dan upaya dilakukan agar bisa bertahan hidup.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah melakukan pemberdayaan skala rumah tangga di sekitar kita. Alhamdulillah, hari ini mendampingi beberapa keluarga memulai bertanam di media polybag. Semoga, bisa merembet ke keluarga lainnya juga. Membantu keluarga terdampak covid-19 dengan kegiatan ketahanan pangan keluarga. Selepas covid-19 keluarga dapat tetap mandiri dan berdaya.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*