Tim KKN-UGM Menyelenggarakan “Semarak Karya Merdeka” di Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara – Pada hari Minggu 26 Januari 2020 Tim KKN-PPM UGM Samboja Berjaya mengadakan acara dengan tajuk Semarak Karya Merdeka di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Acara tersebut diselenggarakan dengan tema “Semangat Masyarakat Bergerak” sebagai wujud dari semangat masyarakat Karya Merdeka untuk bersatu dan bersinergi dalam mempersiapkan Samboja sebagai ibukota negara (IKN) yang baru.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA dengan senam bersama dan disambut dengan penuh antusias oleh warga. Acara resmi dibuka dengan sambutan dari panitia dan langsung dilanjutkan dengan berbagai kegiatan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, lomba mewarnai untuk anak-anak, dan lomba menghias tumpeng dengan jajanan tradisional untuk ibu-ibu. Sebanyak 76 warga mendaftarkan diri ke pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan dari awal acara sampai akhir. Pemeriksaan dilakukan secara meyeluruh mulai dari pengukuran Indeks Masa Tubuh (IMT), tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi konseling sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan sebelumnya, Dari hasil pemeriksaan, banyak warga yang memiliki tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol yang tinggi. Warga dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat atau mendatangi layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Lomba mewarnai dibagi menjadi tiga kategori yaitu  TK, SD kelas 1-3 dan SD kelas 4-6 dengan  total peserta 115 anak. Dari 115 anak dipilih 11 pemenang dengan penilaiaan dari segi pemilihan warna, kerapian, dan kreativitas. Lomba menghias tumpeng dengan jajanan tradisional diikuti oleh tim perwakilan  dari RT 6, 8, 9, 10, 11, 13, 15, 20, 23,25, dan 29. Kompetisi ini dinilai dari aspek penataan, rasa, kebersihan, dan keindahan. Lomba tersebut dimenangkan oleh RT 13 dan diikuti oleh RT 20 sebagai juara kedua. Acara ketiga adalah presentasi pengolahan buah naga yang menjadi salah satu komoditas potensial di Kelurahan Karya Merdeka. Warga diberi pengetahuan cara memproses buah naga menjadi keripik,proses pengemasan, dan cara memasarkan produk tersebut. Acara berlangsung dengan lancar dan ditutup pada pukul 14.00 WITA dengan pengumuman juara lomba mewarnai dan panggung hiburan.

Liputan: Ical Chaniago

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*