Tata Krama Urutan Beryoga

Oleh: Ririn Sari Dewi

Minggu (26/7/2020) kembali digelar Nusantara Beryoga Bersama KAGAMA (NBBK) diikuti oleh 79 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dan beberapa dari luar negeri. Kali ini Bli Ode Purnama yang bertindak sebagai instrukturnya.

Pada yoga online bersama kali ini peserta diharapkan berlatih pose gerakan yoga yang urut secara benar tujuannya untuk membangkitkan semangat dan keseimbangan body, mind dan soul. Dengan tahu urutan sequel satu sampai lima, bisa tahu batas sakit , tubuh merespon rasa sakit tidak dengan reaktif dan bisa menyeimbangkan rasa itu.

Seusai latihan rampung ada diskusi dan beberapa pertanyaan yang masuk. Yang pertama dari Mirza, yang bertanya bagaimana yoga dengan kebutuhan kondisi vertigo. Kata Bli Ode solusinya untuk proses gerakan rasakan proses menariknya dan hindari gerakan yang terlalu cepat yang memicu peredaran darah.

Berikutnya Thea Widiartini bertanya kenapa pada gerakan kelinci nafas terasa ungap. Bli Ode menjelaskan solusinya untuk menghindarinya kedua lutut dibuka (pose kodok / mendukasana) sehingga perut tidak menekan diafragma ke arah paru-paru yang menyebabkan nafas terganggu.

Lalu ada Yun Winangit yang menanyakan plank miring sambil angkat tangan itu apakah telapak kaki bertumpuk? Menurut Bli Ode ada banyak pilihan posisi kaki, semakin lama kalau sudah stabil dan tenang bisa dikembangkan dalam berbagai variasi.

Juga ada pertanyaan dari Veronica, telapak tangan dikepal sakit kelamaan pegang android bagaimana solusinya? Kata Bli Ode sebaiknya mencengkram diperkuat dan bertumpu fokus pada tangan tersebut.

Selanjutnya Wulandari bertanya bagaimana gerakan bagi yang overweight yang disarankan? Bli Ode menganjurkan gerakannya adalah duduk atau sequel kelima gerakan duduk memutar badan dan harus berkeringat.

Sebagai penutup diskusi Patah Ansori selaku ketua Kagama Yoga karena ini telah menjadi agenda rutin setiap hari Minggu pagi, untuk seluruh peserta diminta aktif terus dan mengajak koleganya untuk bergabung biar tambah gayeng guyub . Namaste.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*