Kolaborasi Adiswara Gadjah Mada, IAF, GPM dan Pertamina Foundation: Orkestrasi Ide menjadi Langkah Nyata untuk Indonesia Sehat

Oleh: Kusuma Prabandari Rita

Jakarta, 24 September 2020—Dalam upaya terus melakukan kegiatan positif dimasa pandemi Covid-19 ini, Adiswara Gadjah Mada yang telah secara aktif merilis hingga 7 video virtual choir baik yang diproduksi sendiri maupun kerjasama dengan komunitas lain, kini menggandeng The International Association of Facilitators (IAF), Gerakan Pakai Masker (GPM) dan Pertamina Foundation untuk melakukan sesi kolaborasi dengan tema “Suara untuk Indonesia Sehat”.

Sesi kolaborasi ini akan melibatkan masyarakat luas namun target peserta yang sangat diharapkan berpartisipsi adalah para alumni dan mahasiswa. Dalam sesi kolaborasi ini peserta akan mendapat ruang untuk berbagi ide, menyatukan ide untuk langkah nyata bagi Indonesia Sehat.

Rizka Moeslichan, dari HR Directors Indonesia yang juga penyintas Covid-19 di awal acara akan menceritakan ketidaknyamanan yang dia hadapi ketika dinyatakan positif Covid-19. Termasuk dampak fisik, psikologis dan mental yang dirasakannya.

Selanjutnya peserta akan diajak berbagi ide langkah nyata yang bisa dilakukan menuju Indonesia Sehat, proses ini akan terjadi dalam Break Out Room yang difasilitasi oleh para fasilitator dari komunitas IAF Chapter Indonesia dan  anggota Kagama.  

Meiliana Lany, CPF,  The International  Association of Facilitators (IAF Indonesia) Chapter Lead menyatakan setelah masyarakat sadar akan pentingnya memakai masker, selanjutnya perlu diberi ruang untuk memikirkan ide langkah nyata yang dapat dilakukan bersama menuju Indonesia Sehat.

“Kami percaya akan kebijaksanaan kolektif dimana peserta saling membangun dan melengkapi ide-ide yang dimunculkan, maka akan tercipta ide-ide cemerlang yang belum terpikirkan sebelumnya.” ujar Meiliana.

Sementara menurut Kusuma Prabandari ‘Rita’, Ketua Umum Adiswara Gadjah Mada, “Kita jangan hanya sibuk memperhatikan statistik penyebaran Covid-19 ini, menyalahkan orang lain, namun masih kurang berperan dalam pemutusan rantai penularannya. Sebagai masyarakat terdidik, ada tanggung jawab moral yang ada di pundak kita. Lakukan hal sesederhana apapun yang bermanfaat termasuk terus menjaga imunitas tubuh.  Untuk itulah Adiswara Gadjah Mada ingin terus melakukan langkah-langkah kebaikan, dan kali ini mengajak seluruh elemen alumni buat memberikan suara untuk Indonesia Sehat.”

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Presiden Direktur Pertamina Foundation. Agus Mashud S. Asngari , yang dimasa pandemi ini Pertamina Foundation telah melakukan langkah konkret membantu masyarakat yang memerlukan.

*****

The International of Facilitator (IAF) adalah:

Asosiasi Profesi International dengan anggota di lebih dari 65 negara, IAF adalah  rumah bagi setiap orang yang ingin belajar mengenai fasilitasi dan untuk mereka yang menjadikan fasilitasi sebagai profesi. IAF menetapkan standard fasilitasi yang diterima secara internasional dan mempromosikan kekuatan dari fasilitasi.

Visi IAF adalah mendorong pemanfaatan fasilitasi secara profesional di seluruh dunia untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi banyak individu di kelompoknya, organisasi maupun komunitas .

IAF percaya, fasilitasi yang baik akan mengubah cara orang berpikir, bertindak dan akhirnya memampukan kita untuk secara positif mengubah dunia di sekitar kita.

*****

Adiswara Gadjah Mada Bersama IAF, GPM, dan Pertamina Foundation menanti pastisipasi Anda semua, dengan hadir dan memberikan suara serta berbagi ide. Mari bergabung bersama kami:

🗓️ Jumat, 25 September 2020

⌚ 19.00 – 21.00 WIB

Zoom ID : 845 9205 8712

Passcode : iaf

Atau klik tautan berikut : https://bit.ly/IAFCollab-6

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*