Kepedulian KAGAMA Melampaui Batas Ruang dan Waktu

Pada hari Senin (06/04/2020) telah diserahkan bantuan Alat pelindung Diri (APD) lengkap dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) kepada pihak RSUD dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh sebanyak 50 set APD yang terdiri dari baju cover all/ hazmat, cover shoes, apron dan kacamata google. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 169 Tahun 2020, RSUD dr. Zainoel Abidin merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan infeksi emerging corona virus disease di Provinsi Aceh.

Kelangkaan alat pelindung diri menjadi masalah yang sangat serius di hampir semua rumah sakit di Indonesia, termasuk di Aceh. Padahal adanya alat pelindung diri merupakan syarat dan standar keselamatan bagi petugas yang memberikan pelayanan medis kepada pasien. Telah cukup banyak petugas medis yang menjadi korban penularan infeksi corona dikarenakan tidak adanya APD. Kebutuhan yang sangat mendesak akan APD ini disambut dengan respon sangat baik dan cepat oleh pengurus KAGAMA, melalui Intan Kemala Dewi yang merupakan putri asal Aceh dan Sulastama Raharja (Wasekjen VI PP KAGAMA). Dalam waktu tidak lebih dari satu minggu, bantuan APD lengkap dari KAGAMA Care telah mendarat di bumi Serambi Mekkah.

Bertempat di Ruang Pertemuan Direktur, dr. Media Yulizar, MPH yang merupakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang sekaligus merupakan Sekretaris KAGAMA Kedokteran Kompartemen Aceh (alumnus FK UGM Angkatan 1982) dengan narahubung dr. Arifatul Khorida, MPH (alumnus FK UGM Angkatan 2000) menyerahkan bantuan tersebut secara langsung kepada Direktur RSUD dr. Zainoel Abidin, yaitu Dr. dr. Azharuddin, Sp.OT, K-Spine, FICS didampingi oleh Wakil Direktur Pelayanan Dr. dr. Endang Mutiawati, Sp.S(K) dan Wakil Direktur SDM dr. Rusdi Andid, Sp.A yang mana jajaran direksi RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh juga merupakan alumni S3 Fakultas Kedokteran UGM.

Direktur RSUD dr. Zainoel Abidin dan jajaran manajemennya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepedulian KAGAMA, karena sebesar apapun bantuan itu adalah satu hal yang sangat menambah semangat dan keyakinan untuk dapat bekerja lebih baik lagi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Bantuan APD dari KAGAMA ini sangat berarti untuk teman-teman yang berada di garda depan karena tenaga medis dan semua yang terlibat harus menggunakan APD secara maksimal. Direktur berpesan agar kita jangan pernah underestimate terhadap pandemi corona dan dengan adanya APD ini kita semua berharap dapat melalui pandemi ini dengan sukses.

Sebagai penutup, dr. Media Yulizar, MPH menyampaikan rasa terima kasih kepada teman-teman KAGAMA yang telah menginisiasi bantuan ini dan selain diberikan kepada RSUD dr. Zainoel Abidin, bantuan APD lengkap dari KAGAMA ini juga akan diserahkan kepada teman-teman sejawat KAGAMA Kedokteran yang mengampu RSUD Subulussalam dan RSUD Tengku Cik Di Tiro Pidie masing-masing sejumlah 25 set APD lengkap.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*