Jangan Remehkan Amalan Sekecil Apapun

Oleh: Puji Fery Susanti

Hari Rabu (17/6/2020) canthelanku sudah memasuki hari ke-17. Sengaja saya nyanthel sore biar warga yang beraktifitas sore hari di sekitar lokasi canthelan di Gang Manggis XXI No. 12 Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat juga kebagian. Titik ini titik paling strategis, terutama sudut ini dilewati warga yang rumahnya di belakang gang-gang kecil. Mereka kebanyakan pekerjaanya serabutan, mulai dari tukang bersih apartemen (berangkat pagi pulang siang) yang apesnya mulai sepi panggilan kerja karena pandemi. Banyak buruh cuci, buruh bangunan, pegawai lepas kelurahan, tukang parkir restoran yang tutup selama pandemi, dan lain-lain di sektor informal.

Semoga canthelan yang sederhana dan sedikit ini bisa berguna. Isi canthelan: tepung bumbu, sayur asem jakartaan, tempe, bumbu cabe baput bamer. Rencana mau nambah buah tapi bakulnya nggak jualan.

Matur nuwun buat semuanya. Pak RT, seluruh warga, bakul sayur langganan, para canthelers Kagama, kawan-kawan yang njawil dan nitip donasi. Kalian baik banget. Bersedekah betul-betul melembutkan hati kita.

Sudah ada puluhan titik canthelan Kagama di seluruh Indonesia. Canthelan saya cuma salah satunya saja. Yang luar Kagama dan nyanthel pun juga ada. Mereka orang-orang baik, mohon jangan dikecilkan niat dan kerja amalnya. Wong udah baik kadang ada saja yang “nyenggol”. Sekali lagi kaya gini bukan riya’ ya teman-teman. Kami ingin membagi good vibes ke siapa saja agar percaya bahwa kita masih saling peduli. Syukur-syukur ditiru. Minimal doakan kami istiqomahlah.

Terima kasih banyak buat inspirasi canthelanku mbak Arum TitisariHeni WidodowatiArdiati BimaEkan NsTomo Sulastama. Matur nuwun juga kepada mas Azhyz MaghfurNanik Zakiah Rohani, mas Moh Indro Cahyono.


Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*