Kagama Sumatra Utara Berbagi kepada Sesama Lewat Gerakan Canthelan

Terinspirasi dari gerakan canthelan yang diawali oleh teman Kagama di Yogyakarta yang kemudian menyebar ke kota-kota lainnya, mulai hari Jumat (15/5/2020) Kagama Sumatra Utara juga mulai bergerak berbagi kepada sesama lewat aksi canthelan. Mereka mencanthelkan beberapa bahan pokok pada sebuah pagar di Taman Gatsu Indah Kota Medan.

Menurut salah satu penggiatnya, Eva Simanjuntak (Teknik Sipil 1995), aneka kebutuhan dapur sengaja diletakkan untuk diambil orang-orang yang membutuhkan terutama yang terdampak covid-19. Kagama Sumut bersinergi dengan Kagama Care ingin berbuat kebaikan serupa seperti rekan-rekan Kagama di kota-kota lainnya, dengan cara mencantelkan bahan makanan seperti beras, telur, mie instan, kecap dll di tas kresek.

“Awalnya ragu jangan-jangan yang mengambil bukan orang yang membutuhkan. Tapi kita harus percaya orang-orang yang mengambil adalah orang-orang yang membutuhkan. Yang penting mulai saja. Harapannya akan banyak orang dengan senang hati mau ikut menambah atau memberi cantelannya.” demikian ucap Eva.

Sementara itu koordinator aksi canthelan, Revica Hutagalung (Fak. Pertanian 2007) menambahkan bahwa kegiatan akan berlangsung selama 15 hari ke depan. “Ketika badai datang, tak memandang status, agama, dan gelar. Semua akan tersapu oleh hantaman badai Covid-19, bukan hanya Indonesia, tapi dunia. Kita unggul dengan budaya gotong royong. Kebersamaan menciptakan kebaikan.” kata Revica.

“Daripada mengutuki, lebih baik menyalahkan lilin. Satu lilin menyala, lilin lain akan terbakar. Menciptakan terang di tengah kegelapan. Bersama Kagama Care mari kita nyalakan lilin harapan.” demikian pungkas Revica.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*