Kagama Sukoharjo Tebar 10.000 Benih Ikan & Adakan Pelatihan Mengolah Hasil Ikan di Desa Juron

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Kagama Pengcab Sukoharjo menggelar bakti sosial berupa pelatihan mengolah hasil ikan dan penebaran 10.000 benih ikan di Desa Juron, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, Sabtu (11/3/2023). Menurut Ketua Harian Kagama Sukoharjo, Ir. Dwi Hendratno, ikan yang ditebar terdiri dari 1.000 benih nila dan 9.000 benih tawes. Tujuan kegiatan dimaksudkan untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat.

Dwi menambahkan, bahwa baksos yang diadakan oleh Kagama Sukoharjo merupakan wujud kerjasama yang baik antara Kagama dan Pemkab Sukoharjo. Juga merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang mana kita mendarmabaktikan ilmu rekan-rekan Kagama lewat edukasi kepada mayarakat Desa Juron  tentang pentingnya melestarikan lingkungan dengan membudidayakan ikan air tawar. Harapannya ke depannya agar kawasan tersebut siap berkembang, sehingga akan mampu meningkatkan roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Buat masyarakat Juron kami berharap untuk selalu peduli dengan keadaan lingkungannya sesuai dengan keadaan masing-masing. Misalnya di daerah yang rawan longsor agar mereka peduli dengan menanam pohon untuk pencegahan banjir. Desa Juron punya potensi perikanan, ya mari kita kembangkan bersama agar bisa menopang perekonomian,” pungkas Dwi.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang hadir dalam kegiatan baksos, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kagama Sukoharjo. Ia berharap kegiatan mampu memberdayakan perekonomian masyarakat dan menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk gemar makan ikan, sebagai salah satu langkah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sukoharjo.

Lebih lanjut, Etik menyatakan harapannya dengan melihat potensi embung Sumurup yang ditebari benih ikan, ke depannya semoga bisa sebagai salah satu ikon destinasi wisata. Menurutnya, Pemkab Sukoharjo juga telah memberikan dukungan secara berkala, seperti pemberian bantuan berupa 3 unit perahu.

“Kami berharap bukan hanya di Juron saja, namun daerah-daerah lain di Sukoharjo masyarakatnya harus punya inisitif, dan bertindak kreatif demi kemajuan bersama. Kami akan selalu siap mendukungnya,” pungkas Etik.¬†