Kagama Pengda Bali dan Pengcab Karangasem Memberikan Bantuan APD ke RSUD Karangasem dan BPBD Kabupaten Karangasem

Kabupaten Karangasem yang berjarak lebih kurang 51 Kilometer dari kota Denpasar, ibukota Bali, kali ini menjadi sasaran pengabdian masyarakat Kagama Pengda Bali. Masih dalam rangkaian pemberian bantuan alat kesehatan, khususnya APD dan perlengkapan pendukung lainnya, tim Kagama Pengda Bali yang dipimpin ketuanya I Gusti Ngurah Agung Diatmika, bersama dengan ketua bidang pengabdian masyarakat I Made Iwan Diantama bersinergi dengan Kagama Pengcab Karangasem yang diketuai I Gede Made Sudanes, SH. pada hari Selasa, 21 April 2020 memberikan bantuan berupa APD dan face shield ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem, di kota Amlapura dan ke BPBD Karangasem.

Di RSUD Karangasem tim Kagama Pengda Bali dan Pengcab Karangasem diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu RS sekaligus Koordinator Logistik Satgas COVID 19 RSUD Kab. Karangasem, Bapak I Wayan Arsiawan Adi, S.Pd, SE, S.Kep, MPH yang juga alumnus Fakuktas Kesehatan Masyarakat UGM tahun 2014, Jurusan Magister Manjemen Rumah Sakit.

Sedangkan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, tim Kagama diterima oleh Kepala BPBD Karangasem, bapak Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Kabupaten Karangasem yang memiliki mempunyai 8 kecamatan, 75 desanya dipilih oleh Kagama Pengda Bali berdasarkan pertimbangan banyaknya kasus Covid-19 yang terdiri dari 107 OTG, 63 ODP, 13 PDP dan 7 kasus positif Covid-19 per tanggal 23 April 2020. Penyebaran kasus Covid-19 baik yang OTG maupun ODP yang melakukan karantina mandiri terdapat hampir disemua kecamatan yang ada di Karangasem sampai di pelosok pedesaan. Hal ini mengharuskan seluruh tim medis khususnya petugas medis di Kecamatan dan petugas BPBD harus selalu siap dengan perlengkapan Hazmat atau APD dalam menjalankan tugasnya melakukan pengecekan kesehatan orang terdampak Covid-19 dimaksud.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*