Bantuan Tahap Pertama Kagama Orchids Sebesar Rp. 28,3 Juta buat Korban Erupsi Semeru Diserahkan Melalui PP Kagama

Kagama Komunitas bukan hanya berfungsi sebagai ajang kumpul-kumpul buat mereka yang mempunyai hobi atau minat sama. Selain melaksanakan slogan guyub dan rukun, mereka juga mencoba migunani atau bermanfaat secara internal maupun eksternal kepada masyarakat luas.

Seperti apa yang sudah dilakukan komunitas Kagama Orchids (KO) selama ini. Sudah berkali-kali KO berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat banyak. Sudah sekian kali KO mengadakan penggalangan lewat lelang anggrek yang hasilnya disumbangkan kepada mereka yang sedang tertimpa musibah. Juga mereka beberapa kali mengadakan baksos kepada mereka yang terdampak Covid-19 di kampung-kampung dekat kampus UGM.

Ketika Gunung Semeru meletus pada (4/12/2021) yang lalu, KO juga dengan cepat meresponnya. Mereka melakukan penggalangan dana seperti biasanya. Mereka melelang anggrek jenis Dendrobium 5 kali lewat FB, dan terkumpul sejumlah uang Rp. 8.270.000. Lalu ada juga lewat pelelangan spesial anggrek Dendrobium Mahameru pada saat perayaan Nitilaku (18/12/2021), dengan penawar tertinggi nilainya Rp. 20 juta.

Penyerahan secara simbolis donasi dari Kagama Orchids kepada PP Kagama

Pada hari Sabtu (8/1/2022) bertempat di Dalem Mangunsudiran diserahterimakan secara simbolis donasi yang terkumpul sejumlah Rp. 28.270.000 dari KO ke rekening Kagama Peduli Bencana. Mewakili KO dalam hal ini adalah Ketua KO, Yoppie Khan, dan diterima oleh Wasekjen VI PP Kagama, Sulastama Raharja.

Bantuan tersebut menurut Wahju ‘Iwul’ Wulandari dari Bidang Dana Usaha KO, barulah donasi tahap pertama. Saat ini masih ada 32 tanaman anggrek yang antri menunggu untuk dilelang. Di mana hasilnya rencananya diprioritaskan untuk korban terdampak erupsi Semeru, namun tidak tertutup kemungkinan bisa juga disumbangkan kepada pihak lain yang lebih membutuhkan.

“Kita lihat-lihat sikonnya. Prioritas memang untuk mereka yang terdampak erupsi Semeru. Tapi kan kita tidak tahu ke depannya gimana. Jika di Semeru sudah tidak membutuhkan lagi kan kita bisa switch ke pihak lain yang lebih membutuhkan,” ujar Iwul.

Dalam kesempatan yang sama, Yoppie Khan mengatakan selain menjadi agen konservasi anggrek di Indonesia, Kagama Orchids juga ikut bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. Membantu masyarakat yang sedang tertimpa bencana, tak terkecuali bencana letusan Semeru di Jawa Timur.

“Pengumpulan dana untuk donasi bagi masyarakat terdampak letusan Semeru dilakukan dengan cara lelang anggrek. Seluruh hasil lelang disumbangkan untuk korban Semeru. Penyerahan donasi ini sebagai wujud Kagama Orchids sebuah komunitas yang tidak saja rukun dan guyub, tapi juga migunani tumraping liyan,” ucap Yoppie.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*