Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Anorganik oleh Kagama Bengkulu

Oleh: Indah Permatasari

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada di Bengkulu ( KAGAMA Bengkulu) yang diketuai oleh Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA. melakukan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Anorganik di Kebun Pertanian Binaan Kagama Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengedukasi masyarakat dalam menghadapi covid-19 saat ini, pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan salah satunya dengan melakukan hal yang bermanfaat yaitu mengolah sampah rumah tangga seperti sisa sayur mayur, nasi basi atau bahan organik lainnya menjadi pupuk yang sangat bagus untuk menyuburkan tanaman.

Memberikan masukan untuk menjadikan kebun binaan menjadi lab pelatihan buat masyarakat tentang pertanian dan berkebun

Selain sampah organik, masyarakat juga diedukasi dengan diberikan ilmu bagaimana mengolah sampah-sampah plastik di rumah tangga menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomis seperti sampah plastik kresek bekas dari pasar, plastik makanan ringan dari superrmarket semua bisa diolah menjadi bahan-bahan kerajinan yang dapat dimanfaatkan kembali misalnya di buat tempat duduk dari botol bekas, tas dan lain sebagainya.
Kegiatan ini akan terus berlanjut pada kelurahan lain di Provinsi Bengkulu demi menciptakan Bengkulu yang asri dan kreatif.

Ketua Kagama Bengkulu memberikan sumbangsih kepada anggota Kagama pemilik kebun binaan Kagama

Dalam kegiatan ini tim KAGAMA Bengkulu selain melakukan edukasi tentang pengolahan sampah juga memberikan sayur sayuran organik dari kebun binaan serta masker kepada para peserta pelatihan pada hari Sabtu (11/07/2020).

Pelatihan pembuatan pupuk organik dan anorganik di kebun binaan Kagama Bengkulu

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*