Yoga Surya Namaskara, Perisai Diri Di Masa Pandemi

Oleh: Patah Ansori

Surya Namaskara (Sun Salutation) adalah satu rangkaian gerakan yoga klasik yang pada awalnya dilakukan untuk penghormatan terhadap matahari sebagai sumber energi kehidupan. Ini adalah rangkaian pose asana dasar yang cocok bagi pemula, namun sarat manfaat bagi kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Gerakannya terdiri dari 12 pose asana yang dirangkai seperti koreografi olah tubuh yang indah dan melibatkan hampir semua anggota badan.

Dengan mempraktekkan Surya Namaskara secara rutin kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan, diantaranya: meningkatnya kualitas tidur, tekanan darah lebih stabil, peredaran darah lancar serta asupan oksigen yang maksimal. Secara umum: pikiran jadi lebih tenang, tingkat stres menurun dan daya tahan tubuh menguat. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka berbagai penyakit bisa ditangkal, termasuk Covid-19.

Latihan rutin Nusantara Beryoga Bersama Kagama (NBBK) pada hari Minggu pagi, 18 Oktober 2020 yang dipimpin Arsiawan Adi, instruktur Kagama Yoga, menitikberatkan latihan pada pendalaman dan peningkatan intensitas paktek Surya Namaskara.

Tahapan belajar Surya Namaskara dimulai dari fokus pada teknik gerak dan pose asana, mulai dari rangkaian gerak yang biasa, semakin hari semakin lentur mengalir sempurna. Tahap berikutnya, fokus pada penyelarasan rangkaian olah gerak dengan olah nafas (pranayama), kemudian dikombinasikan dengan konsentrasi imajinatif pada cakra-cakra (pusat energi) yang akan dibangkitkan.

Terakhir, sebagai pelengkap, boleh ditambahkan kalimat afirmasi menyertai setiap gerakan untuk membujuk agar energi (prana) dalam tubuh mengalir secara maksimal!

Pada sesi diskusi setelah latihan muncul pertanyaan dari salah satu peserta, untuk rangkaian Surya Namaskara biar bisa bertahan lama bagaimana caranya? Juga, setiap kali melakukan pose caturangga kenapa suka gemetar?

Jawabnya, itu hal yang biasa dialami oleh peyoga pemula atau yang belum rutin beryoga. Juga, tidak terlalu penting berlama-lama dalam melakukan pose yoga, lakukan saja gerakan dan pose dengan intens, selaras dengan nafas, mengalir sesuai batas kemampuan. Nah, agar para peserta NBBK bisa rutin berlatih yoga sendiri di rumah, Kagama Yoga sudah menyediakan video tutorial yoga asana.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*