Ririn Sari Dewi Sang Motor Penggerak KAGAMA Beksan Bontang

Ririn Sari Dewi dilahirkan di Bantul, 17 April 1973. Pendidikan dari SD sampai SMA ditempuhnya di tanah kelahirannya, Bantul. Tamat dari SMA Negeri 2 Bantul tahun 1992 ia melanjutkan studinya dengan mengambil kuliah di Fisipol UGM Jurusan Ilmu Pemerintahan. Sejak saat itu ia asyik berkutat ilmu pada bidang studi yang disukainya sejak SMA. Waktu kuliah hobynya main basket & volley namun ia tidak sempat bergabung dengan UKM resmi di gelanggang karena jauhnya jarak rumahnya dengan kampus.

Menjadi sarjana tahun 1997 Ririn langsung memutuskan merantau ke Bontang, Kalimantan Timur karena saudaranya yang bekerja di sana mengabari ada lowongan di PT. Kaltim Nusa Etika. Ririnpun mendaftar & diterima di anak perusahaan Pupuk Kaltim tersebut. Namun itu cuma bertahan setahun karena pada tahun 1998 ia diterima menjadi PNS di lingkungan Kantor Walikota Pemkot Bontang bagian pemerintahan.

Sejak saat itulah Ririn mulai menggeluti pekerjaannya sebagai PNS di Bontang. Untuk mendukung pekerjaannya ia mengambil S2 program studi Pemerintahan Daerah di Universitas Mulawarman tahun 2007-2009. Pelan-pelan ia meniti karir & jabatannya naik setingkat demi setingkat sehingga jabatannya saat ini adalah menjadi Sekretaris Dinas KOMINFO Kota Bontang. Jabatan lain yang dipegangnya adalah sebagai pembina & tim penilai pranata humas pemkot Bontang sejak tahun 2017 sampai sekarang. Sebelumnya berbagai jabatan penting pernah dipegangnya juga seperti menjadi Kabid Pendaftaran dan Pendataan Penduduk Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, serta Kabag Humas DPRD Kota Bontang.

Selain sibuk meniti karir ternyata Ririn juga aktif beraktifitas di luar lingkungan kantor. Seperti menjadi anggota bidang pemberdayaan ekonomi & bidang masyarakat paguyuban Yogya di Bontang. Bahkan untuk aktifitas yang berbau KAGAMA, Ririn sangat aktif & tampil sebagai motor penggerak. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Korbid Keanggotaan KAGAMA Pengcab Bontang. Ia juga menjadi anggota Bidang Pemberdayaan & Pengabdian Masyarakat KAGAMA Pengda Kaltim.

Program kerja yang dijalaninya bersama Kagama Pengcab Bontang salah satunya yaitu “Kagama Goes to School” dimana ia bersama tim melakukan road show atau kunjungan ke SMA negeri ataupun swasta untuk mensosialisasikan jurusan-jurusan baru yang ada di UGM. Ia bercerita kepada murid-murid bagaimana suka duka & strategi saat masih menjadi mahasiswa, membangun networking dll.

Untuk urusan komunitas yang berafilisasi dengan Kagama, Ririn juga sangat aktif terlibat di dalamnya. Ia menjadi penggerak Kagama pencinta yoga Kota Bontang yang bernama “Bhadra Yoga”. Komunitas tersebut sangat rajin berlatih yaitu 3 kali seminggu. Selain berlatih yoga juga diselingi dengan kegiatan jalan sehat. Pada tanggal 21 Juni 2017 Bhadra Yoga pernah terlibat event besar yaitu berkolaborasi dengan kelas-kelas yoga di Bontang & Persatuan Hindu Darma Bontang untuk merayakan yoga day dengan mengadakan acara yoga bersama di pura Hindu Bontang.

Kemudian Ririn juga tercatat sebagai koordinator Kagama Beksan Kota Bontang. Kabek Bontang tidak bisa berlatih reguler karena kesibukan masing-masing anggotanya. Mereka berlatih jika hanya ada pentas saja & Ririnlah yang aktif ‘teriak-teriak’ untuk giat berlatih. Meski terbentuknya belum lama & anggota yang aktif hanya sekitar 10 orang, namun Kabek Bontang sudah beberapa kali pentas seperti saat Festival Budaya Kota Bontang bulan November 2019 & event donor darah serentak di puluhan kota yang diadakan oleh Kagama Virtual bulan Desember 2019. Saat ini Kabek Bontang masih menginventarisir anggota tambahan lintas luar Kagama agar semakin banyak yang terlibat dalam pelestarian seni budaya bangsa.

Yang menarik dari seorang Ririn ternyata ia punya ‘hoby’ positif yaitu menggalang donasi di lingkungan Kagama Pengcab Bontang & Pengda Kaltim, untuk keperluan apa saja. Yang terakhir adalah ia aktif mengumumkan donasi untuk pembelian sepatu buat adik-adik SMP N 1 Turi korban tragedi susur sungai belum lama ini.

Selamat menebar kebaikan di mana saja buat Ririn!

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*