Mungkinkah Kagama Orchids Menghasilkan Anggrek Baru?

Mungkinkah Kagama Orchids Menghasilkan Anggrek Baru?

Awal tahun lalu, di usianya yang masih teramat muda, Kagama Orchids mengundang salah satu grower anggrek papan atas di Indonesia. Berkat jejaring master Agung Cucun Setiawan, pemilik DD Orchids Nursery dari Batu yang sudah menghasilkan banyak hibrida baru yang ter-register oleh RHS berkenan berbagi ilmu di Jogja.

Dalam acara yang dihelat di gedung pusat UGM setidaknya ada tiga agenda, teori dan wawasan tentang peranggrekan, praktek mengeluarkan anggrek dari botol, dan praktek mengawinkan anggrek. Ini di luar acara menanam anggrek spesies di sekitaran gedung pusat UGM.

Saat ini, sekira 1,5 tahun dari acara itu berlangsung. Dalam rentang waktu sependek itu, jumlah kolektor anggrek asli Indonesia, ketrampilan merawat dan pemahaman tentang anggrek teman-teman Kagama Orchids bisa jadi sudah meningkat pesat. Dan salah satunya, dalam menyilang anggrek.

Ketrampilan menyilang anggrek ini, bisa jadi akan mendukung salah satu visi Kagama Orchids dalam upaya konservasi. Beberapa anggrek langka yang menjadi koleksi teman-teman Kagama Orchids bisa menjadi plasma nutfah. Sebut saja misalnya Vanda saxatilis, Vanda insignis flava, dan beberapa dendrobium spatulata. Anggrek-anggrek itu, ketika berbunga diselfing untuk menghasilkan buah, yang kemudian akan disemai agar tumbuh dan berkembang. Dan bisa jadi hasilnya ditanam kembali di habitatnya.

Di samping itu, kekayaan jenis anggrek teman-teman Kagama Orchids potential digunakan untuk menghasilkan anggrek hybrida baru. Penyilangan anggrek yang dilakukan Mas Sony Suhada, Dharmesta Adhiwira, mbak Yustina Andria Dewi, Asri Maltina Sari, Beni Sulistiono, dkk bisa jadi merupakan langkah awal yang positive dan perlu kita dukung.

Dan semoga kedepan bisa teregister anggrek kampus biru, anggrek UGM dsb….

Buah hasil persilangan Vanda limbata x Vanda tricolor var Suavis.

Gambar: buah Vanda limbata x Vanda tricolor var Suavis. Tahun 2012, peneliti UGM berhasil menyilangkan anggrek ini, mudah-mudahan saat ini sudah berbunga. https://nationalgeographic.grid.id/read/13282338/berhasil-persilangan-anggrek-vanda-tricolor-dan-limbata?page=all

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*