Mimpi Kagama Orchids Menjadikan Kampus UGM Sebagai Orchids Sanctuary

Oleh: Yoppie Khan

Hari ini dalam rangkaian ulang tahun Kagama Orchids (KO) yang kedua, kami mengadakan acara bersama sama adik2 Mahasiswa Biologi UGM yang tergabung dalam BIOSC (Biologi Science). Acaranya adalah penanaman kembali anggrek hasil rawatan yang kami ambil dari komplek Cemara 7 kampus UGM. Kekeringan dan masa kemarau yang cukup panjang memaksa kami untuk mengambil dan merawat kembali anggrek2 tersebut.

Dengan ditemani adik-adik dari BIOSC – Fak. Biologi UGM kami berkolaborasi dalam penanaman dan belajar bersama secara langsung hal yang berkaitan dengan anggrek. Antusiame adik-adik kita, nampak dengan kehadirannya. Lebih dari 60 adik-adik kita yang hadir, menanam dan belajar bersama. Mimpi kami, suatu saat kampus UGM akan menjadi sanctuary anggrek-anggrek spesies di Indonesia, terutama yang cocok dan bisa survive di lingkungan kampus UGM.

Pembina dan tetua kami Mas Tomo Sulastomo dan mas Agung Cucun Setiawan, selalu menyemangati bahwa mimpi kami bisa dan pasti akan terwujud. Bukan kita saat ini yang menikmati, tapi nanti, anak dan cucu kita. Ini menjadi semangat tersendiri bagi semua anggota KO bahwa mimpi ini bisa terwujud.

Langkah awal dari mewujudkan mimpi, sudah kita lakukan 2 tahun yg lalu. Dengan pelatihan dan penanaman Anggrek di area2 kampus UGM.
Penanaman meluas, baik di area Cemara 7, Gedung pusat, Orchids Walk, Vokasi, Fak.KG dll.

Yang membuat kami lebih bersemangat lagi, adik2 Biosc bisa memanfaatkan anggrek yang kami tanam sebagai sarana untuk belajar. Hari ini kami bersama sama belajar mengenali jenis-jenis anggrek, media tanam yang tepat, hama, cara tanam dan perawatan. Setelah itu adik BIOSC melakukan praktek langsung dengan pendampingan dari KO.

Kita boleh berharap, suatu saat dari adik-adik kita akan ada yang menjadi ahli di bidang anggrek berskala Nasional bahkan Internasional. Paling tidak ada yang menjadi pengembang sukses dibidang per anggrekan.

Setelah semua kegiatan yang kita lakukan selesai tepat jam 11.30 WIB maka kita ber akrab ria, gojeg bareng sama adik-adik mahasiswa. Tentu tidak lupa kami akhiri dengan makan siang, dan sesi photo bersama. Sungguh suatu kegiatan yang sangat positif, guyub, rukun dan migunani.

Foto: Yoppie Khan

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*