Menilik Skill Penting di Dunia Kerja melalui Webinar Kolaborasi Kagama Human Capital dengan Gama Career Plan

Oleh: Hanny Nadhirah 

Kagama Human Capital dan Gama career Plan sukses menyelenggarakan webinar yang berjudul “Top Skills Young Professionals Should Have” pada Minggu, 11 Oktober 2020. Webinar ini merupakan seri kedua dari rangkaian webinar yang diinisiasi oleh Kagama Human Capital. Webinar yang dipandu oleh Nikita Besty, mahasiswa Biologi UGM angkatan 2020 ini membahas mengenai tiga skill penting yang harus dipersiapkan mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja, yaitu skill komunikasi, interpersonal dan self-management

Peserta webinar meliputi mahasiswa dan alumni, baik dari UGM maupun universitas lain di Indonesia. Acara dimulai dengan berdoa, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada. Kemudian, tepat pada pukul 13.15 acara dibuka oleh Beni Wido Hendratmo,S.Psi. M.M., selaku keynote speaker dan Wakil Ketua Kagama Human Capital. Dalam pidatonya, Beni menyampaikan dua prinsip yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses berkarir. Prinsip pertama yaitu apa yang dilakukan harus mempunyai tujuan yang jelas. Sedangkan prinsip yang kedua yaitu mengenai pentingnya mempunyai kecerdasan emosional yang baik. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang berjudul “Communication and Interpersonal Skill” oleh Ruly Pratiwi, S.Psi, M.B.A. CHRP. Beliau adalah Country Sr. HR Manager PT LF Beauty Indonesia. Dalam sesi tersebut, terdapat 2 topik utama yang disampaikan. Poin pertama yaitu mengenai skill komunikasi yang meliputi pentingnya skill komunikasi, serta bagaimana cara mengembangkan dan menggunakan skill tersebut. Topik kedua yaitu interpersonal skill yang mencakup personal skill, kecerdasan emosional dan kemampuan bekerja dalam tim. Ruly memaparkan masing-masing poin secara komprehensif. Terlebih lagi dalam topik mengenai skill komunikasi,  penjelasan beliau sarat akan tips dan trick dalam mengembangkan skill tersebut. 

Acara dilanjutkan dengan pemateri kedua, Sanggita Trisna, S.Psi, CHRP. Beliau adalah HR Corporate Manager PT Param Mitra Coal Resources. Dalam kesempatan ini, Sanggita membawakan materi mengenai self-management. Terdapat 2 topik utama yang dibahas. Topik pertama yaitu mengenai manajemen waktu yang meliputi cara – cara mengatur waktu dan membuat skala prioritas. Kemudian, kecerdasan emosional merupakan topik kedua yang disampaikan Sanggita. Beliau memaparkan topik tersebut dengan jelas, tidak lupa juga untuk memberikan pemaparan mengenai pentingnya memiliki skill tersebut. Sebagai penutup sesi materi kedua ini, Ruly menyarankan setelah webinar ini para peserta menuliskan perbaikan kebiasaan yang akan dilakukan dalam satu minggu kedepan. Sanggita berharap kebiasaan baru tersebut akan diteruskan hingga 1 hingga 3 bulan kemudian agar otak dapat membangun jejak kebiasaan yang baru. 

Antusiasme peserta sangat tinggi dalam webinar kali ini, terpantau banyak peserta mulai bertanya bahkan sebelum pemateri pertama menyelesaikan pemaparannya. Sebagian besar dari mereka bertanya mengenai solusi atas berbagai kendala yang mereka miliki dalam mengembangkan ketiga skill tersebut. Setelah sesi tanya jawab yang sangat inspiratif, acara ditutup dengan ketiga pembicara memberikan closing statement dan motivasi untuk semua peserta. Pertama, Ruly menyampaikan bahwa banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Beliau berharap webinar ini bermanfaat untuk peserta dalam menyiapkan diri menjadi pribadi yang ready to work. Pembicara kedua, Sanggita mengingatkan kembali para peserta untuk membuat goal dan perbaikan kebiasaan dalam closing statementnya. Terakhir, Beni menyampaikan bahwa skill yang dibahas hari ini harus diasah segera karena hal tersebut merupakan kunci sukses dalam meraih karir yang diimpikan. 

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*