Kagama Care – Kagama Yoga – Padma Yoga Kembali Mengadakan Yoga Virtual

Oleh: Ririn Sari Dewi

Pada hari Minggu (17/5/2020) Kagama Care – Kagama Yoga – Padma Yoga di bawah payung PP Kagama mengadakan kegiatan yoga virtual untuk pertama kalinya & diikuti oleh 67 peserta. Lalu rencananya akan diadakan kembali pada tanggal 31 Mei, namun karena masih banyak disibukkan dengan syawalan Kagama lainnya akhirnya baru pada hari Minggu (7/6/2020) berhasil terwujud. Pesertanya melonjak tajam yaitu menjadi 150 peserta baik yang dari Kagama maupun non-Kagama, dari seluruh wilayah Indonesia dan bahkan juga Kagama luar negeri seperti Singapura, Rusia, India, Amerika Serikat dll.

Pada awal acara Patah Ansori selaku selaku ketua Kagama Yoga memberikan kata sambutan. Lalu disusul pelatihan yoga sesuai tema yaitu ‘Yoga for Begginer’ dibawakan oleh Ameliya Rosita, instruktur yoga yang tinggal di Jakarta, selama sekitar 45 menit. Berikutnya adalah inti dari acara yaitu diskusi yoga dengan tema ASANA bersama Ode Purnama instruktur yoga senior asal Bali.

Menurut Ode, Asana adalah salah satu pintu masuk ke dalam yoga. Yoga Asana (senamnya) sebagai praktik mengendalikan / penyelarasan fisik, pikiran dan nafas dilakukan secara berjenjang dan berdedikasi.

Ada tiga katagori asana :

  1. Kultural, misalnya pose-pose yangg dipakai untuk latihan fisik
  2. Relaksasi atau istirahat sempurna
  3. Meditatif dalam kaitan dengan aktivitas meditasi

Ode menambahkan untuk pemula, umur dibawah 70 tahun masih bisa mulai asana, tetapi tetap harus dalam pengawasan instruktur. Dengan asana ada 3 hal yang bisa diamati untuk melatih kesadaran dan potensi diri masing-masing , yaitu mengamati batasan sakit, mengamati batas takut dan mengamati batas antara yang ada di luar badan dan di dalam badan. Karena esensi asana adalah mencari diri sendiri dengan kesadaran sendiri , bukan menemukan potensi orang lain.

Selanjutnya ada beberapa pertanyaaan dari beberapa peserta dan saran terkait perlu ada tutorial yang bisa diakses mereka, mapping peserta dipilah yang expert dan pemula, dsb. Yang kesemuanya itu menjadi masukan buat panitia & semoga akan menjadikan kegiatan yoga virtual menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Rosana Hariyanti salah satu peserta dari Malang

Rosana Hariyanti (Sastra Prancis ’89), salah satu peserta yang berdomisili Malang, memberikan testimoninya “Yoga virtual sangat membantu bagi yg tidak bisa menjalankan latihan offline rutin seperti diriku ini karena harus WfH. Sebetulnya tetap bisa latihan mandiri dangan bantuan tutorial di Youtub misalnya, dan itu kadang juga dilakukan. Namun suasana latihan bersama secara “live” dengan instruktur dan peserta lain seperti yoga virtual Kagama Yoga ini punya nilai lebih, sebab membawa suasana latihan bersama sehingga bisa lebih semangat dan berdisiplin.”

Ririn Sari Dewi Ketua Panitia Yoga Virtual

Ucapan hampir senada dilontarkan oleh Ketua Panitia Yoga Virtual, Ririn Sari Dewi “Tujuan utama yoga virtual adalah selain sebagai ajang silaturahmi untuk komunitas Kagama Yoga dan juga untuk masyarakat umum. Konsep migunani kita jalankan dengan sosialisasi serta transfer knowledge terkait yoga dan manfaatnya. Buat kesehatan, bisa aman untuk segala umur dan ideal dijalankan di masa pandemi corona ini untuk menyeimbangkan mind, body dan soul.”

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*