Kagama Beksan Jabodetabek Mempersembahkan Tarian Srikandi Bisma Pada Acara Malam Alumni di Balairung

Oleh: Tri H. Sulistiyo

Sabtu malam 14 Desember 2019 pada acara “Malam Alumni” di Balairung, Kabek Jabodetabek mempersembahkan sebuah tarian berjudul Srikandi Bisma. Tarian dilakukan oleh dua orang, dengan pemeran Srikandi adalah Belinda Arunarwati Margono sementara Hendricus Widhi berperan sebagai Resi Bisma. Hujan deras dengan petir yang menyambar mengiringi sore menjelang malam, sehingga membuat suasana lebih syahdu dan adem.

Tari Srikandi Bisma ini merupakan petikan cerita dari Baratayudha, yaitu peperangan antara Senopati Putri dari pihak Pandawa bernama Srikandi yang merupakan titisan dari dewi Amba melawan Senopati dari pihak Kurawa yang bernama Resi Bisma. Dewi Amba sendiri adalah putri dari kerajaan Kasi yang tewas karena dipanah oleh Bisma.

Dalam pertempuran Srikandi melawan Bisma akhirnya dimenangkan oleh Srikandi lewat panah dahsyat yang dilepaskannya dengan bantuan Arjuna. Namun konon Bisma tidak meninggal saat itu juga. Bisma sempat hidup beberapa hari & menyaksikan kehancuran pihak Kurawa. Bisma menghembuskan nafas terakhirnya saat garis balik matahari berada di utara.

Foto: Tri H. Sulistiyo

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*