Friderica Widyasari: Sistem Pendukung adalah Kunci Sukses Perempuan dalam Karir dan Keluarga

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, pada hari Sabtu (17/4/2021) PP Kagama menyelenggarakan webinar bertema Kagama Berbagi melalui aplikasi Zoom Meetings dengan judul “Membangun Sistem Pendukung Bagi Perempuan Berdaya Untuk Indonesia Maju”.  Salah satu narasumber yang tampil adalah Wabendum PP Kagama & Direktur Utama PT BRI Danareksa Sekuritas, Dr. Friderica Widyasari Dewi, S.E., MBA, yang menceritakan pengalamannya sebagai perempuan yang berkarir di bidang keuangan yakni pasar modal. Berawal dari latar belakangnya sebagai anak bungsu dalam keluarga, Dr. Friderica mengungkapkan sebagai seorang perempuan seringkali dihadapkan pada situasi di mana perempuan dapat melakukan segala aktivitas dengan baik. Harapan dari keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat akan menjadi beban ketika perempuan tersebut tidak dapat memanajemen dan mengendalikannya.

“Kemampuan perempuan yang multitasking dapat merekognisi segala situasi dan kondisi yang dihadapinya. Karir saya di bidang keuangan dan pasar modal ini juga merupakan sumbangsih dari sistem pendukung dari keluarga dan support system dalam lingkungan kerja yang juga turut andil dalam kehidupan saya” ujar Dr. Friderica menjelaskan singkat sistem pendukung yang didapatkannya.

Menurut Dr. Friderica, sistem pendukung adalah individu yang memberikan semangat, menciptakan rasa bahagia dan emosional. Hal tersebut juga bagian dari sistem pendukung yang menjadi bagian penting dalam kehidupan perempuan. Untuk mendapatkan sistem pendukung diawali dengan memahami diri sendiri terlebih dahulu baik secara status, pekerjaan, cita-cita dan kelebihan serta kekurangan diri.

“Membangun sistem yang baik diibaratkan mendirikan sebuah tenda. Perempuan jangan hanya punya satu support system saja. Selain keluarga, perempuan harus memiliki sistem pendukung dari teman, kolega dan lingkungan kerja sehingga kokoh seperti tenda. Membangun sistem pendukung diperlukan untuk membantu kita mencapai tujuan baik dalam karir, keluarga, organisasi, dsb yang berperan dalam mengurangi stress dan kecemasan serta merasakan kebahagian dan dihargai sebagai perempuan. Membangun sistem pendukung yang solid dibangun melalui rasa percaya, meluangkan waktu, meningkatkan empati dan cerdas menganalisa situasi serta investasikan waktu, tenaga, dan biaya dalam membangun sistem pendukung.

“Membangun sistem pendukung jangan terburu-buru, namun nikmatilah dalam prosesnya. Perempuan juga menentukan siapa saja sistem pendukung baik dari keluarga, teman, tetangga, kolega, dan lingkungan sekitarnya. Sehingga, dapat disimpulkan sistem pendukung merupakan salah satu kunci sukses hidup bahagia, rumah tangga dan karir, sistem pendukung terdiri dari pasangan hidup, keluarga, teman, kolega, dll dan untuk mendapatkan sistem pendukung yang baik dihasilkan melalui sebuah proses.” pungkas Dr. Friderica mengakhiri paparannya. [arma]

*) Materi selengkapnya bisa disaksikan di Youtube Kagama Channel:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*