Perjalanan Theresia Triza Yusino Berkebun Sayuran di Bali

Tidak ingin tertinggal dari rekan-rekannya yang lain, Theresia Triza Yusino yang berdomisili kawasan Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali segera melesat berkoordinasi dengan bli Gede Mantrayasa yang berkarya bersama kelompok Mina-tani, berkebun sayuran dan memelihara ikan lele di kawasan perkotaan, tepatnya di Banjar Tegehsari, Denpasar Utara. Melalui koordinasi dengan bli Mantrayasa, Triza menerima pembagian paket benih beserta buku Ketahanan Pangan kiriman Kagama Care – Ketahanan Pangan. Namun sebelum itu, rupanya ketertarikan terhadap budidaya tanaman pangan sudah dikembangkan sendiri di rumah, sehingga menarik minat tetangga di perumahan Kori Nuansa Jimbaran untuk belajar berkebun sayuran dari Triza.

Berbekal koordinasi dengan Ketua Kagama Pengcab Denpasar bli Dedy Kesuma, Triza juga belajar beternak ikan lele dalam ember yang saat ini sedang populer yang disebut Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember). Hasil koordinasi dengan bli Mantrayasa dan bli Dedy inilah yang kemudian dikembangkan tidak saja di kawasan perumahan Triza, namun juga di beberapa tempat di luar kawasan kabupaten Badung dan Denpasar, yakni hingga ke Kabupaten Gianyar dan Jembrana, ujung barat pulau Bali.

Di beberapa tempat tersebut Triza membagikan benih untuk disemai di beberapa lahan yang telah disiapkan oleh kelompok masyarakat. Khusus di kawasan Pecatu dan Goa Gong, Jimbaran saat ini telah menjadi sentra pembibitan tanaman pangan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat mengambil bibit dan ditanam di rumah masing-masing. Sedangkan untuk kawasan Gianyar dan Jembrana, Triza berharap bisa mengembangkan diri menjadi sentra pembibitan tanaman pangan untuk masyarakat sekitarnya.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*