Kagama Samarinda Menduplikasi Ide Canthelan di Wilayahnya

Oleh: Ical Chaniago

Mencoba mengikuti gerakan canthelan yang dilakukan kawan-kawan di Jogjakarta, Balikpapan, Bontang, Jakarta dan kota-kota lainnya, Kagama Samarinda akhirnya ikut-ikutan menduplikasi ide mulia tersebut di wilayahnya. Hari pertama Senin 11 Mei 2020 mereka memasang 23 kantung canthelan untuk pertama kalinya di area luar komplek Grand Mahakam, Kota Samarinda.

Sebelumnya duplikasi canthelan ini di Kalimantan Timur telah dimulai di beberapa kota seperti di kampung Literasi Gajah Mada Tepekong Pasar Baru Balikpapan, Kampung Wijaya Kusuma Toko Utama Gunung Sari, Balikpapan, Bumi Nirwana Jl Soekarno Hatta Balikpapan yang memulai proyek canthelan sinergi dengan Kagama Care pada hari Kamis 7 Mei 2020.

Sulastri Gunawanlah yang menjadi koordinator gerakan canthelan / berbagi bahan pangan sebagai bentuk solidaritas sesama terhadap ketahanan pangan dalam masa pandemi covid-19 di Samarinda. Untuk awal Sulastri memulai isian sederhana saja sekedar bisa membuat warga di sekitar yang sekiranya kesusahan dapat tetap bertahan di situasi sulit ini. Satu paket plastik berisi seikat kangkung, bumbu dapur (bawang putih, bawang merah, cabe rawit, tomat,garam, trasi), telur 2, tempe, tahu dan krupuk 2.

Rupanya respon yang diterima sungguh luar biasa, dalam waktu singkat sejumlah 23 canthelan habis diminati warga yang kebetulan melintas di lokasi canthelan berada, antara lain driver ojol, pekerja harian seperti buruh cuci maupun asisten rumah tangga yang bekerja harian di wilayah kompleks Grand Mahakam. Lalu kemudian pada sore harinya 15 canthelan berisi bubur kacang ijo juga ludes diambil warga.

Walau hanya sedikit, semoga sangat berarti buat yang menerima. Siapapun yang membutuhkan boleh ambil, tidak harus saling kenal & bertemu sapa. Kagama Samarinda hanya mencoba berupaya sebisa apa yang bisa dilakukan buat membantu sesama. Dengan harapan semoga ke depannya gerakan canthelan ini mampu menginspirasi banyak warga lain di seluruh wilayah Samarinda, yang tujuannya tentu saja adalah membantu saudara kita menghadapi situasi pandemi ini bersama-sama.

Salam Guyup Migunani


Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*