Weekend Sharing Kagama Balikpapan: Tips dan Trik Menambah Income melalui Youtube

Oleh: Arif Budi Haryanto

Youtube sudah menjadi bagian dari masyarakat. Anak muda, remaja, orang tua, bahkan anak kecil sudah sangat akrab dengan youtube. Banyak yang menjadikan youtube sebagai media hiburan, mencari informasi, dan juga mendapat penghasilan.

Ya ternyata mendapat penghasilan dari youtube atau menjadi content creator sangat menarik karena sambil berrkarya bahkan hanya dari rumah bisa mendapatkan tambahan penghasilan, bahkan tidak sedikit yang nilainya cukup fantastis untuk sebuah pekerjaan yg bisa dikerjakan hanya dari rumah dengan modal bahkan kamera handphone dan komputer. Bahkan tanpa komputerpun bisa karena saat ini handphone juga sangat mampu digunakan untuk editing content sederhana lalu diupload ke youtube.

Pertanyaan yg sering ditanyakan adalah kapan seorang content creator mulai bisa mendapatkan income dari youtube?

Menjawab pertanyaan tersebut, Kagama Balikpapan mengadakan Webinar “Kagama Weekend Sharing” pada hari Minggu 6 September 2020 dengan tema Tips dan Trik Menambah Pendapatan di Rumah Saja Menggunakan Youtube. Kegiatan ini merupakan salah satu program pengurus Kagama Balikpapan selama masa pandemi  yang dijadwalkan setiap 2 (dua) minggu sekali. Adapun yang menjadi narasumber dan moderator untuk webinar kali ini semuanya anggota Kagama Balikpapan

Webinar kali ini dimulai tepat jam 10.00 Wita dan dipandu oleh moderator Muh. Iqbal, yang merupakan alumnus FMIPA tahun 2010 dan sehari-hari menjadi staff program di Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Kagama, dan sambutan dari ketua Kagama Balikpapan.  

Narasumber pertama Muh. Thohir yang merupakan alumnus Teknik Geodesi 1994 membagikan pengalamannya sebagai youtuber. Thohir bercerita awalnya menyajikan konten kegiatan sehari-hari, hanya saja yang menyaksikan bisa dihitung dengan jari. Thohir yang menjadi agency Director di asuransi Prudential akhirnya mencoba membuat konten tentang asuransi, dan ternyata mendapatkan view dan komentar yang banyak  dari seluruh Indonesia. Walaupun belum mendapatkan hasil dari youtube, tetapi Thohir mencoba menjelaskan kepada masyarakat umum atau nasabah asuransi untuk tidak antipati terhadap asuransi. Jangan lupa share, like dan subscribe di channel milik Thohir di Thohirpru channel, kata Thohir di akhir sesi pertama.

Narasumber kedua adalah M. Syuria, alumnus Teknik Elektro 1996. Setelah hampir 10 (sepuluh) tahun berkarir di perbankan, akhirnya Syuria memutuskan menjadi trader sejak tahun 2011 dan content creator sejak tahun 2017. Pada sesi ini, Syuria menjelaskan bahwa untuk mendapatkan income di youtube syaratnya adalah harus memiliki channel yang diisi dengan video atau content yang dapat menghasilkan viewers atau penonton. Viewers akan dihitung sebagai syarat yaitu minimal 4000 jam tayang publik dan memiliki minimal 1000 subscriber serta bisa mematuhi  community guideline dari youtube. Setelah dilakukan peninjauan dan suatu channel telah memenuhi syarat monetisasi, barulah seorang content creator dapat mulai mengasilkan uang dari youtube, yang akan ditransfer ke rekening setelah melewati batas ($100).

Syuria menambahkan, Channel youtube yang dikembangkannya memilih niche atau tema campuran antara lain aktifitas perbaikan dan perawatan mobil dan peralatan, tips praktis harian, hobi bertanam, bidang komputer dan komunikasi serta review gadget, kamera, dan penggunaan software. Bidang bidang ini dikelola di channel youtube MSReviews.

Syuria memang memiliki hobi mendokumentasikan kegiatan keseharian karena percaya bahwa dokumentasi kegiatannya mungkin bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi orang lain. Prinsipnya adalah sharing pengalaman agar bermanfaat bagi orang lain. Selain itu Syuria juga mengelola beberapa channel youtube lainnya salah satunya adalah content edukasi trading saham yang dijalankannya dari channel youtube bernama MSTrade.

Melalui channel youtube MSTrade, Syuria berusaha membagikan pengetahuan, pengalaman, tanya jawab, termasuk history trading saham miliknya dan mencoba berbagi ilmu tentang trading saham. Syuria menjalani kegiatan kegiatan tersebut sambil menjalankan aktivitasnya sebagai trader saham. Dan ternyata selain bisa menjadi tempat berbagi ilmu dan pengalaman melalui beberapa channel youtube, Syuria juga bisa meningkatkan income rutin bulanan dari pendapatan iklan beberapa channel youtubenya.

Syuria berbagi tentang bagaimana bisa earning dari rumah dengan mengelola channel youtube dan konsisten menjadi menjadi content creator. Melalui acara weekend sharing kagama Syuria mengajak untuk menjadi content creator yg konsisten membuat content yg bermanfaat sesuai bidang, bakat, dan ketrampilan yang dimiliki masing masing peserta.

Acara webinar yang diikuti sekitar 50 orang ini berakhir pukul 12.15 Wita, dan pengurus Kagama Balikpapan membagikan 3 (tiga) goodie bag untuk peserta yang dapat menjawab kuis dari narasumber dengan cepat dan tepat. 

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*