Proses Hilirasi Produk Temuan UGM untuk Penanggulangan Covid-19

Hari Minggu (31/1/2021) jam 13.00 – 17.00 WIB berlangsung webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “Sumbangsih UGM Dalam Penanggulangan Covid-19 Melalui Penemuan Alat-alat Baru”  yang merupakan hasil sinergi antara UGM dan PP KAGAMA. Webinar menampilkan 5 narasumber, salah satu di antaranya adalah Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M (Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni).

Prof. Paripurna memaparkan proses hilirasi produk temuan UGM untuk penanggulangan Covid-19. UGM berkomitmen penuh terhadap hilirisasi inovasi teknologi.  Menurut Paripurna, proses hilirisasi produk inovasi dilakukan UGM melalui eksistensi Science TechnoPark merupakan tempat pertemuan antara akademisi, pemerintah dan pelaku Industri untuk mengembangkan inovasi dari mulai hulu sampai hilir.

UGM sebagai perguruan tinggi riset mendayagunakan Science Technopark sebagai second line dari proses hilirisasi inovasi teknologi yang didasarkan pada prinsip kejujuran akademik. PIAT (Pusat Inovasi Agroteknologi) UGM, Science TechnoPark di Purwomartani, dan Science TechnoPark yang berbasis komunitas di Pagilaran dan Science TechnoPark lainnya diberbagai daerah yang terkoordinasi dalam satu kepemimpinan (leadership). Kolaborasi dari berbagai sektor baik pemerintah, Kementrian, pemerintah daerah, BUMN, LSM/NGO dan media yang juga diperlukan dalam hilirisasi inovasi teknologi.

Paripurna menambahkan peran alumni UGM juga diperlukan dalam proses hilirisasi inovasi teknologi. Tidak ada universitas di dunia ini yang maju tanpa sumbangsih dan bantuan alumninya. Peran alumni dari berbagai profesi dan lintas sektor yang terjalin secara “take and give” dengan universitas yang menjadi tempat studinya dulu. Inovasi teknologi dihasilkan dari fenomena-fenomena yang muncul di masyarakat yang ditangkap oleh civitas akademika UGM sebagai sebuah tantangan yang ada jalan keluar dan solusi atas fenomena tersebut.

Sebagai penutup, Paripurna menyebutkan hilirisasi inovasi teknologi difasilitasi UGM melalui beberapa aspek antara lain aspek teknis, aspek perizinan dan kelembagaan, aspek finansial dan pendanaan, dan roadmap untuk diproduksi secara massal serta mematenkan produk temuan tersebut. UGM dan KAGAMA berkomitmen akan terus bekerja sama, berkolaborasi dalam dunia pendidikan dan riset untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. 

*) Materi bisa dilihat di kanal Youtube Kagama Channel:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*