PP KAGAMA Bersinergi dengan KAGAMA Care & KAGAMA Kedokteran Membuat Handsanitizer Secara Mandiri

Yogyakarta — Jumat (20/03/2020) bertempat di Dalem Mangunsudiran Yogyakarta, salah satu tempat di mana Kagama Care beraktifitas, PP Kagama bekerjasama dengan Kagama Care & Kagama Kedokteran membuat sendiri handsanitizer. Pembuatan handsanitizer tersebut tentu saja ada hubungannya dengan pencegahan penyebaran Covid-19 secara lebih luas di tengah-tengah masyarakat. Seperti kita tahu saat ini terjadi kelangkaan dan melonjaknya harga Handsanitizer karena permintaannya begitu tinggi.

Bahan bakunya sendiri sebenarnya mudah diperoleh di pasaran, namun karena terjadi kelangkaan juga maka agak sulit mendapatkannya. Untunglah Kagama Care yang berada di Yogyakarta sangat sigap & bermodal menjalin network yang luas akhirnya berhasil memperoleh bahan baku. Untuk 1 liter hasil, menurut Ika Andreyo salah satu peserta yang terlibat dalam pembuatan handsanitizer, dibutuhkan:

  • 833 ml Alkohol 96%
  • 41,7 ml H2O2 (Hidrogen Peroksida) 3%
  • 14,5 ml Gliserin 98%
  • 110,8 ml Aquades Steril

Pada kesempatan pembuatan yang pertama kali ini dari bahan baku yang ada mampu dihasilkan 20 liter handsanitizer, sebuah jumlah yang lumayan banyak mengingat keterbatasan bahan baku. Handsanitizer yang dihasilkan dimasukkan wadah kecil sebanyak 400 buah, berukuran 50 ml per botol. Selain didistribusikan kepada masyarakat luas yang ada di Yogyakarta sendiri, handsanitizer tersebut juga dibagi kepada Kagama Pengda Bali & Rumah Kagama karena mereka sangat membutuhkan namun terkendala oleh ketiadaan bahan baku.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*