Kumulai Canthelan Pada Hari Kebangkitan Nasional

Oleh: Yayuk Wardoyo

Pada hari Selasa (26/5/2020) alhamdulillah seminggu sudah canthelanku berjalan. Pada tanggal 20 Mei, tepat pada hari Kebangkitan Nasional saya mencoba membangkitkan semangat yang ada untuk melakukan sesuatu dan akhirnya saya bikin canthelan untuk pertama kalinya di kampung saya Donomulyo RT 01 RW 04, Tegalgede, Kab. Karanganyar, Surakarta.

Sejak membaca tulisan mbak Ardiati Bima tentang canthelan, saya tergelitik untuk ikutan. Tapi belum bisa langsung bergerak, karena belum menemukan lokasi yang tepat. Di akhir Ramadhan, barulah mendapatkan lokasi yang ideal & langsung mencolek oom Tomo Sulastama dari Kagama Care.

Hari pertama nyanthel 10 paket habis & 1 mendapat kupon untuk mengambil hari selanjutnya. Hari kedua, tetap 10 paket namun dapat tambahan dari warga setempat sampai hari ke-5. Hari pertama biasa saja, tetangga desa yang ngambil canthelan. Hari ke-2, pas datang kaget, sudah ada 10 warga yang nunggu. Padahal saya hanya menyediakan 10 paket. Alhamdulillah ada 18 paket tambahan dari warga. Hari ke-3 lancar dengan 25 paket. Sampai hari ke-7 saya hanya menyediakan 10 paket.

Haru, ketika hari ke-2 & ke-3 yang mengambil kebanyakan pemulung. Ada tukang sayur lewat, mampir nyanthel. Warga sekitar yang rajin ikut nyanthel. Matur nuwun sudah berpartisipasi.

Geli, di hari ke-3, ada ibu yang mau ambil pakai milih-milih dulu, jalan hilir mudik semua dipegangi. Ada yang canthelan masih sisa 3 diambil semua. Semoga memang butuh atau untuk dibagikan kepada yang lain.

Bersyukur, karena masih bisa menjadi kepanjangan tangan bagi yang membutuhkan. Masih bisa bikin canthelan untuk hari-hari ke depan.

Terima kasih banyak buat oom Tomo dan dik Ekan Ns, serta teman-teman Kagama Care yang selama ini memberikan support.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*