Kagama Menyapa Nusantara: Perwakilan Kapsigama dan Gamavet Membahas Pentingnya Pembenahan Database Alumni

Sabtu (3/4/2021), Kagama Menyapa Nusantara kembali hadir secara langsung melalui siaran Instagram Live (IG Live) dengan alamat akun @infokagama. Kali ini 2tamu dihadirkan, mereka adalah Prabaswara Dewi (@kakdj_official) selaku Ketua Kapsigama dan Shinta Rizanti Binol (@shintabinol) mewakili Kagama Kedokteran Hewan atau Gamavet. Acara IG Live dimulai sejak pukul 16.00 WIB dan berlangsung selama sekitar 50 menit, dipandu oleh Muthe Muthiah dari tim Humas PP Kagama.

Narasumber pertama, Prabaswara Dewi atau populer disapa Kak DJ menceritakan Kagama Psikologi (Kapsigama) merupakan wadah organisasi Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) yang pernah berkuliah hingga menamatkan studi akademik di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Kapsigama terbentuk dari tahun 1995 dan sudah tiga periode pergantian kepengurusan hingga Munas ke-3 pada tahun 2020.

“Jumlah lulusan Fakultas Psikologi UGM sudah lebih dari 8000 orang namun hanya 1000 s/d 2000 orang yang terbilang aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan Kapsigama. Ini merupakan tantangan bagi saya selaku ketua Kapsigama yang efektif menjabat dari Agustus 2020. Lulusan Fakultas Psikologi UGM tersebar di berbagai instansi pemerintah, TNI dan Polri serta di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, konsultan diberbagai lembaga dan lain-lainnya” ujar Kak DJ yang berkarir sebagai Corporate People and Organization Development Manager, Martha Tilaar Grup.

“Kapsigama terus melakukan pembenahan database keanggotaan alumni Fakultas Psikologi UGM melalui Kapsilink yakni program yang dijalankan untuk mendata siapa dan dimana lulusan Fakultas Psikologi UGM berkarir dan tergabung dalam instansi apa saja. KapsiLink merupakan program yang baru dibentuk pada kepengurusan baru. Selain untuk melengkapi database keanggotaan, Kapsilink juga bertujuan untuk melihat potensi dan persebaran dimana saja alumni Fakultas Psikologi UGM berada baik didalam maupun luar negeri.” ungkap Kak DJ yang dipercaya sebagai Ketua Kapsigama periode 2020 – 2025.

Kak Dj menambahkan, berbagai kegiatan yang diselenggarakan Kapsigama diantaranya, training dan pelatihan, Seminar daring (Webinar) tentang bagaimana menjaga kesehatan mental saat pandemi dan banyak hal bermanfaat lainnya yang dikemas dengan program Edukapsi (Edukasi Kapsigama). Berbagai kegiatan tersebut juga melibatkan lembaga-lembaga keprofesian dibidang psikologi seperti HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) dan Ikatan Psikologi diberbagai daerah dengan mnyesuaikan kegiatan dan kebutuhan di daerahnya masing-masing.

“Tak hanya dalam bidang keprofesian, Kapsigama bergerak di banyak platfrom diantaranya Kapsinergi, Kapsigamart, dan Kapsisayang.” pungkas Kak DJ mengakhiri sesi pembicaraannya.

Narasumber kedua, Shinta Rizanti Binol yang disapa Shinta menceritakan Gamavet merupakan wadah organisasi Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) yang pernah berkuliah hingga menamatkan studi akademik di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Gamavet baru berdiri pada tahun 2011.

“Sejauh ini Gamavet baru dua kali pergantian kepengurusan dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan kedokteran hewan, satwa liar, maupun hewan ternak. Namun pada setahun terakhir, pandemi Covid-19 membuat kegiatan Gamavet secara luring terhenti dan dialihkan pada kegiatan daring.” ujar Shinta yang sekarang menjabat sebagai Pengurus PB Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) periode 2018-2022.

Secara jumlah, alumni Fakultas Kedokteran Hewan sudah puluhan ribu dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Gamavet sedang berupaya dalam menyusun database anggota untuk melihat potensi dan persebaran di mana saja alumni FKH UGM berkarir dan berdomisili baik didalam maupun diluar negeri. Gamavet juga melakukan kegiatan yang migunani kepada masyarakat, yakni ketika proses kurban hewan ternak pada perayaan Hari Raya Idul Adha. Anggota Gamavet di seluruh Indonesia turut aktif melakukan pengecekan fisik dan kesehatan pada hewan kurban sehingga bisa disembelih. Setelah penyembelihan, daging kurban juga dicek kondisi higienitas dan kehalalannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kegiatan Gamavet juga tidak lupa mengajak sinergi FKH UGM sebagai tempat menempuh studi ketika masa kuliah. Gamavet terus bersinergi dengan Fakultas Kedokteran Hewan dalam berbagai kegiatan baik secara akademik, non akademik hingga penggalangan sosial dan program beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan yang membutuhkan untuk bantuan studi.” ujar Shinta yang juga menjadi kolumnis di Majalah Vetnesia.

Harapan kedua narasumber Kapsigama dan Gamavet selalu selaras dengan tujuan PP Kagama sebagai wadah silahturahmi alumni yang guyub, rukun dan mingunani. Wadah organisasi alumni sebagai bagian dari civitas akademika yang dapat berperan aktif dan berkontribusi di masyarakat sesuai dengan cita-cita Universitas Gadjah Mada sebagai kampus kerakyatan. [arma]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*