Inspirasi Kagama 13: Pipo Hargiyanto Berbagi Tips Cara Mudah Memperoleh Pendapatan Pasif dari Investasi Properti

Sabtu (3/7/2021), PP KAGAMA kembali menyelenggarakan webinar Inspirasi Kagama Series melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui Youtube Kagama Channel. Kali ini memasuki seri ke-13, menghadirkan narasumber tunggal Hargiyanto (Psikologi 1994) yang bercerita tentang pendapatan pasif dari investasi properti. Ketua Bidang 1 PP Kagama, Anton Mart Irianto, berkenan memberikan kata sambutan. Bertindak sebagai moderator adalah Delta Hatmantari.

Pipo Hargiyanto, founder PIPO

Hargiyanto di awal pemaparan menjelaskan mengapa ia akrab disapa Pipo. Pipo adalah singkatan dari Passive Income Property Owners, sebuah komunitas yang didirikannya yang mengandung makna bagaimana kepemilikan properti mampu menghasilkan pendapatan pasif yang menggiurkan. Sekedar info, saat ini Pipo adalah pemilik waralaba 26 Indomaret dan 4 Alfamart, yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

Menurut Pipo, properti adalah laksana angsa bertelur emas. Dibiarkan aja, ia akan menghasilkan income sendiri. Ia mengingatkan bahwa sebelum mengambil keputusan untuk investasi, khususnya di properti, ada baiknya memikirkan resikonya. Semua investasi pasti ada resiko yang berbeda untuk setiap investor. Tidak ada jaminan investasi pasti menguntungkan. Karena itu wajib mempertimbangkan dengan hati-hati, sadar, dan terukur sebelum berinvestasi. Juga harus siap secara mental dan keuangan akan resiko yang akan dihadapi.

Pipo menyebut bisnisnya dengan istilah KOMODO (Kerja Ogah Mengangsur Ogah DP Ogah) yang jika diartikan adalah tidak usah kerja, tidak perlu membayar angsuran dan tidak butuh uang muka, namun propertinya sendiri yang secara otomatis akan menghasilkan income. Prinsipnya jangan bekerja untuk properti, namun biarkan propertinya yang bekerja untuk kita.

Tujuan Pipo fokus ke mendapatkan passive income adalah agar ia lebih punya banyak waktu luang buat keluarganya. Karena menurutnya harta paling berharga di dunia ini adalah waktu kebersamaan dengan keluarga.

Pipo menambahkan, passive income adalah penghasilan yang kita peroleh tanpa harus bekerja. Seperti bunga deposito, dividen, royalti, dan sewa properti. Pipo menjelaskan alasannya kenapa lebih suka memilih investasi properti. Sebab pertama, sederhana artinya bisa ditinggal-tinggal dan tidak perlu terlalu dimonitor. Lalu, terbukti dari dulu properti adalah investasi yang menguntungkan. Juga jumlahnya terbatas tidak bisa diproduksi lagi dalam jumlah besar lahannya. Selain itu harganya relatif naik dan tidak fluktuatif. Kemudian, modalnya relatif kecil seperti teori KOMODO yang sudah disebutkan di atas. Yang terakhir tentu saja karena menghasilkan passive income.

Pipo selanjutnya memberi contoh properti yang memberikan passive income besar, yaitu rumah/ruko/kios, apartemen, kos/kontrakan, dan mini market. Dari semuanya itu Pipo lebih suka memilih mini market, dengan alasan tidak ribet sudah tersistematis oleh franchisor. Lalu, prospeknya masih luas, di mana sudah 30 tahun lebih keberadaan mini market di Indonesia namun baru mencapai 50% dari kebutuhan. Juga mudah memulainya, bisa membangun dari nol atau beli jadi. Berikutnya, murah apabila kita tahu sumber pembiayaannya. Lalu, bisnisnya kuat dan stabil karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Yang terakhir, apabila sudah lunas passive incomenya begitu luar biasa.

Di akhir pemaparan Pipo menjelaskan langkah demi langkah kepada para peserta webinar yang barangkali tertarik investasi mini market. Yang pertama, hubungi franchisor untuk mengetahui daerah mana yang masih memungkinkan.

Berikutnya, tentukan kriteria properti yang diinginkan. Harus melihat luas dan lebar bangunan, juga surat-suratnya harus jelas. Untuk masalah harga pembelian, prinsipnya pemasukan harus lebih besar daripada angsuran ke bank.

Selanjutnya, setelah kriteria ditentukan baru mengajukan survey ke pihak franchisor. Apabila pihak franchisor menyetujui, barulah langkah terakhir dilakukan yaitu lanjut ke pembelian dan membangun.

Bagi teman-teman yang akan melakukan investasi, ada pesan penting Pipo yang harus diingat “Kemampuan menunda menikmati hasil, adalah kunci sukses investor.”

*) Materi selengkapnya bisa disaksikan di Youtube Kagama Channel:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*