Inspirasi Kagama 11: Kiat Membangun Bisnis di Luar Negeri

Sabtu (27/02/2021) pukul 13.00 – 15.00 WIB, Pengurus Pusat KAGAMA kembali menyelenggarakan webinar Inspirasi Kagama Series melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kagama Channel. PP Kagama bersama Crown Grup menghadirkan tema “Kiat Membangun Bisnis Di Luar Negeri”, menghadirkan narasumber tunggal Iwan Sunito (Chairman & CEO Crown Grup Australia). Ketua Bidang 4 PP Kagama, Prof. Paripurna P. Sugarda berkenan memberikan kata sambutan. Bertindak sebagai moderator adalah Delta Hatmantari dan acara dipandu oleh Dian Nirmalasari.

Prof. Paripurna P. Sugarda, Ketua Bidang 4 PP Kagama

Dalam kata sambutannya Prof. Paripurna menyebutkan webinar inspirasi Kagama 11 cukup istimewa karena menghadirkan orang Indonesia yang sukses membangun bisnis di luar negeri. Membangun bisnis tidak hanya bisa dilakukan di dalam negeri saja melainkan juga di luar negeri. “Networking dan jangkauan luas dari Kagama nantinya bisa memberikan peluang dalam membangun bisnis di luar negeri.” ucap Prof. Paripurna.

Iwan Sunito, CEO Crown Grup

Narasumber utama, Iwan Sunito mengawali paparannya dengan menjelaskan profil dirinya sebagai CEO Crown Grup. Crown Grup merupakan perusahaan pengembang dan investasi properti yang berkantor pusat di Sydney, Australia. Didirikan oleh Iwan Sunito dan Paul Sathio pada tahun 1994 dengan proyek pertama dengan nilai 28 juta US Dollar. Iwan Sunito membagikan pengalaman pribadi dan kiat membangun bisnis di luar negeri dengan menerapkan prinsip hidup “without borders”.

“Menjadikan diri untuk tumbuh tanpa batas sudah menjadi keharusan pada zaman sekarang dan bahkan di generasi saat ini.” ujar Iwan.

Iwan Sunito menceritakan kisahnya sebagai seseorang yang lahir di Surabaya, Jawa Timur dan dibesarkan di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah. Iwan mengawali kisah suksesnya membangun bisnis di luar negeri dengan sebuah pertanyaan “How can you grow and keep growing without borders?” Terus tumbuh tanpa batas dalam bisnis dibagi dalam tiga prinsip, yaitu pertama think big start small, berpikir besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Sesuatu hal dimulai dari diri sendiri.

Dian Nirmalasari, pemandu acara

“Ketika anda berpikir anda tidak bisa makanya diri anda akan menyesuaikan untuk tidak bisa dan solusinya adalah berpikir bahwa diri anda bisa melakukannya dengan dimulai dari hal yang terkecil.” ucap Iwan.

Kedua, driven by passion atau didorong oleh gairah. Suatu pekerjaan yang sesuai dengan passion individu akan dilakukan dengan seluruh kemampuan pikiran dan hati sehingga pekerjaan tersebut menjadi bagian dari dirinya. Iwan menjelaskan sebuah passion dalam berbisnis harus diikuti dengan nilai-nilai yang disingkatnya dengan kata SPACE yakni Security, Profit, Appearance, Convenient, Ego.

Delta Hatmantari, moderator webinar

Ketiga, culture of innovation atau budaya inovasi. Bisnis akan berkembang dan terus tumbuh harus mampu menjadikan inovasi sebagai bagian dari budaya bisnis. Inovasi merupakan sebuah hal yang mutlak dilakukan dalam bisnis untuk menjawab tantangan zaman.

“Tidak berinovasi maka bisnis akan mati digerus dan ditinggalkan zaman.” ujar Iwan mengakhiri paparannya. [arma]

*) Materi webinar selengkapnya bisa disaksikan di Youtube Kagama Channel:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*