Menjaga Kelangsungan dan Bertumbuhnya Canthelan

Oleh: Yayuk Wardoyo

Tidak terasa, satu bulan sudah canthelanku berjalan. Jadi ingat saat pertama nyanthel, yaitu tanggal 20 Mei 2020 tepat pada Hari Kebangkitan Nasional. Awalnya setelah dapat persetujuan dari oom Sulastama Raharja, dengan modal intern, njawil teman SMA yang juga Kagama & stimulan dari Kagama Care. Seiring berjalannya waktu, akhirnya dapat donasi dari beberapa teman & kenalan baik dari Kagama dan non-Kagama. Ada juga yang mendonasikan langsung ikut menyanthelkan di lokasi.

Ketika masuk Minggu ke-3, saya mulai berpikir bagaimana caranya supaya dana tidak segera habis. Akhirnya ketemu sebuah ide. Yaitu pada tanggal 14 Juni mulai bikin WARUNG SUKA-SUKA, dimana pembeli memilih belanjaan yang dibutuhkan & membayar dengan suka-suka, seikhlasnya. Uang dimasukkan dalam kotak kasir. Dan hasilnya, Alhamdulillah bisa untuk mensubsidi canthelan.

Genap satu bulan canthelan. Atas kesepakatan bersama, terjadi perubahan konsep yaitu dari canthelan GRATIS menjadi canthelan SUBSIDI. Pada hari Minggu (21/6/2020) mulai diterapkan & berlangsung lancar sukses.

Dengan warung suka-suka, aku berharap dana canthelan bisa tetap utuh & berkembang, sehingga bisa menjadi dana abadi. Dengan canthelan subsidi, aku berharap mereka yang mengambil tetap bisa berbagi kepada saudara lain yang membutuhkan.

Sementara itu di tempat yang lain, desa Suruh Tasikmadu, canthelanku bertumbuh. Semoga akan tumbuh lagi di tempat yang lain dan semakin banyak warga yang membutuhkan bisa memperoleh manfaatnya.

Terima kasih kepada semua yang sudah berkenan berdonasi & berpartipasi untuk canthelan Jateng-4 Karanganyar, Solo. Setiap hari Minggu mengurusi canthelan dan warung suka-suka membuatku lelah karena ada di 3 tempat yang berbeda, tapi bahagianya luar biasa. Memang hanya hal kecil & sederhana, namun semoga bermanfaat buat sesama. Amin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*