Kagama Human Capital Menyelenggarakan Pilot Project Kader Kepemimpinan

Oleh: Humas Kagama Human Capital

Pengembangan kepemimpinan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan kepemimpinan individu menjadi lebih tinggi dari tingkat kepemimpinan sebelumnya. Pengembangan kepemimpinan dalam organisasi merupakan usaha peningkatan kemampuan pemimpin yang dikhususkan untuk individu atau anggota tim terpilih agar kemampuan kepemimpinannya lebih berkembang dan meningkat. Pengembangan kepemimpinan personal bisa diterapkan sedini mungkin, agar bisa dicetak kader pemimpin di masa depan.  

Dalam menyiapkan pemimpin di masa depan, Kagama Human Capital membuat sebuah pilot project untuk mengembangkan kader pemimpin pada mahasiswa UGM. Program ini dipimpin langsung oleh Adi M. Soekirno selaku ketua Kagama Human Capital. Nama programnya adalah Kagama Leadership Development for Beginner. Disebut level BEGINNER karena para pesertanya adalah para adik-adik mahasiswa UGM dan kepemimpinan ini difokuskan pada kepemimpinan diri sendiri, yaitu menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri terlebih dahulu.

Adi M. Soekirno, ketua Kagama Human Capital

Sebagai instruktur program ini adalah beberapa pengurus dari Kagama Human Capital itu sendiri yaitu :

  • Yusuf Akhmad, sebagai praktisi bekerja di bagian Human Capital Angkasa Pura II. Beliau adalah alumni Admninistrasi Negara, Fisipol UGM.
  • Yuni Setyaningsih. Sebelumya adalah salah satu manager di bank BNI, dan saat ini bekerja di PT PMM sebagai Division Head.
  • Tri Hutomo Pamungkas. Beliau adalah alumni psikologi uGM dan bekerja sebagai salah seorang manager di PT PLN yang mengelola tentang asesmen centre.
  • Beni Wido Hendratmo, selaku wakil ketua Kagama Human Capital. Saat ini bekerja di Indofood Group sebagai Division HRGA Manager.

Dengan instruktur yang berkelas di bidangnya, program ini mendapat sambutan baik dari adik-adik mahasiswa yang ikut kegiatan ini.

Yuni Setyaningsih, Division Head di PT PMM

Mengingat pandemi Covid yang belum reda juga, Kagama Leadership Development for Beginner saat ini diselenggarakan secara webinar. Adapun pmateri yang diajarkan kepada para peserta mencakup materi Mengenal Diri Sendiri & Orang Lain, Teknik Berkomunikasi, Manajemen Konflik dan Analisa Masalah dan Pengambilan Keputusan. Selain materi tersebut, para peserta mendapatkan job assignment untuk melengkapi penugasannya.

Yusuf Akhmad, bekerja di bagian Human Capital Angkasa Pura II

Materi yang disampaikan para instruktur sangat bermanfaat bagi bekal nanti saat kuliah ataupun nati saat para peserta masuk ke dunia kerja. Sebagai wal materi, para peserta diminta untuk menformulasikan VISI & MISI-nya selama kuliah di UGM. Dengan merumuskan visi-misi ini, diharapkan para peserta mempunya komitmen untuk mencapainya. Disediakan juga sarana coaching setelah pelatihan ini selesai, bagi para peserta yang mau melakukan konsultasi.

Materi pertama dari Kagama Leadership Development for Beginner program ini berisi tentang Memahami Diri Sendiri & Orang Lain dimana materinya mencakup tentang memahami :

  1. Tipe – tipe kepribadian
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya berinteraksi dengan orang lain
  3. Intelegensi interaction yang mendukung dalam berhubungan dengan orang lain.

Materi kedua, berisi tentang teknik dan cara berkomunikasi. Materi ini berisi tentang bagaimana berkomunikasi dengan orang lain untuk membangun interpersonal skill yang baik. Dijelaskan cara melakukan 8 prinsip supportive communication. Dalam sesi ini jga disampaikan tentang Gaining Power and Influence yang berisi materi tentang :

  1. Strategi untuk Mendapatkan Kekuatan dalam Organisasi
  2. Transforming Power into Influnce
  3. Empowering Others

Dalam materi ketiga yang disampikan oleh Tri Hutomo pamungkas disampaikan tentang cara mengelola konflik. Materi keempat disampaikan oleh Yuni S., tentang analisa masalah dan teknik mengambil keputusan. Webinar dilakukan setiap minggu malam, mulai jam 19.30 hingga selesai sekitar jam sembilan malam. Pertemuan online pertama diselenggarakan pada hari Mingggu tanggal 9 Agustus. Peretemuan kedua, 16 Agustus. Pertemuan ketiga pada 23 Agustus, dan pertemuan ke empat pada 30 Agustus.

Sebagian isi materi pelatihan

Sebagai pilot project, Kagama Leadership Development for Beginner ini diikuti oleh para peserta dari beragam disiplin ilmu yaitu :
1. Aldo putra, 2018, Teknik Fisika
2. Dania Husna Huwaida, 2019, Teknik Kimia
3. Daffa Favian Achmada, 2018, Teknik Sipil
4. Amalia Udi Nugraheni, 2016, Teknik Industri
5. Aimmatul Yumna Fathul Izza, 2016, Teknik Geologi
6. Aris Bachtiar, 2019, Akuntansi
7. Fauzan Suryo, 2018, Teknik Kimia
8. Hanny Nadhirah, 2019, Hubungan Internasional
9. Ni Kadek Dewi Puspitasari, 2019, Hubungan Internasional
10. Rahmah Putri Fauziyah El Hady, 2018, Sastra Jawa
11. Mahdiyani Praptandari, 2019, Agronomi
12. Muhammad Ilham Fajri, 2019, Teknik Kimia
13. Donny Amarullah Firmansyah, 2019, Akuntansi
14. Kelvin ramadhan, 2018, ilmu ekonomi
15. Nikita Besty Novanursandy, 2019, Biologi
16. Mayradaffa Adyudya,2019, Teknik Mesin
17. Arsya Dzaki Faiztama, 2019, Kedokteran Hewan
18. Mochammad Rizxi Daeri, 2018, D3 Akuntansi
19. Thoriq fadhillah Handoko, 2019, D4 Teknik Alat Berat
20. Theresia Devina Putri R., 2019, D4 Perbankan
21. Alfitra Heydar Achsan, 2019, Teknik Fisika
22. Danung shodikh M Geografi 2016
23. Boma Karunia Dwi P, 2017, Geografi Lingkungan
24. Ibrahim Salahuddin Saleh, 2019, D4 Manajemen dan Penilaian Properti
25. Fadhilah Akmal R A, 2019, D4 Alat Berat
26. Jannatin Aulia Putri, 2019, Arsitektur
27. Maria Immaculata Hilda Puspa Verena, 2019, Hubungan Internasional.
28. Jeremy Bona Pratama, 2019, Akuntansi
29. Fatin Anfusina, 2018, Gizi Kesehatan

Dalam program ini, para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Dengan syarat, menyelesaikan job assignmentnya. Sebagai sebuah pilot project, program Kagama Leadership Development for Begginner  ternyata mendapat antusiasme tinggi dari para mahasiswa UGM. Mereka berharap agar program ini bisa diadakan lagi, karena banyak teman-temannya yang tertarik untuk ikut serta. Ke depan, program ini memang akan dijalankan dengan mempertimbangkan dan mengevaluasi program yang sudah berjalan ini.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*