Kagama Sukoharjo Sinergi Kagama Hortikultura Bagikan 767 Bibit Buah-buahan kepada Masyarakat Desa Krajan

Oleh: Humas Kagama Hortikultura

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-73 Universitas Gadjah Mada sekaligus mendukung Hari Gerakan Satu Juta Pohon se-Dunia, Kagama Hortikultura (Kahorti) bersinergi dengan Kagama Pengcab Sukoharjo mengadakan aksi bagi-bagi bibit buah-buahan kepada masyarakat Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Acara pembagian bibit berlangsung pada hari Sabtu (21/1/2023) bertempat di pendopo kantor kalurahan Desa Krajan.

Pada kesempatan tersebut, Kahorti membagikan bibit buah-buahan sebanyak 267 batang, terdiri atas bibit alpukat, bibit durian, bibit lemon, bibit kultur jaringan pisang ambon, bibit matoa, dsb. Sedangkan Kagama Sukoharjo membagikan bibit buah-buahan sebanyak 500 batang, meliputi bibit pete, jengkol, durian, alpukat, nangka, dll. Kahorti dan Kagama Sokoharjo juga membagikan berbagai macam doorprize  kepada peserta, di antaranya pupuk organik neoaktif sebanyak 5 liter, pupuk NPK, grower & fertile, plastik grafting, dan aneka macam peralatan rumah tangga.

Rangkaian seluruh acara berlangsung sejak pagi hari pukul 07.00 WIB hingga siang hari pukul 12.00 WIB, dihadiri oleh sekitar 200 orang, yang meliputi warga Desa Krajan, empat kelompok tani, Camat Weru, perangkat Desa Krajan, serta anggota Kagama Jateng – Sukoharjo – Solo Raya. Sebelum acara berlangsung, diawali dengan senam bersama ibu-ibu PKK Desa Krajan di lapangan kalurahan Desa Krajan.

Sebagai bentuk kepedulian Kagama Sukoharjo kepada kelestarian seni budaya bangsa, acara juga menampilkan pertunjukan Tari Roro Ngigel dan Blek Dit Dot yang dibawakan oleh anggota Kahorti dan warga Kagama pecinta budaya yang tergabung dalam Komunitas Sajiwa.

Dalam kata sambutannya, Kepala Desa Krajan, Sutejo, mewakili warga Desa Krajan menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada Kagama Hortikultura dan Kagama Sukoharjo atas program pemanfaatan lahan pekarangan melalui tanaman buah-buahan di desanya.

“Saya berharap program tersebut bisa membawa dampak positif atas upaya pelestarian alam dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui hasil panen buah di masa mendatang,” ucap Sutejo.

Di akhir acara diadakan serah terima secara simbolis bibit buah-buahan dari Ketua Kagama Sukoharjo kepada Kepala Desa Krajan, dan pelatihan oleh Kahorti yang meliputi grafting, cara penanaman, perawatan tanaman. Pelatihan diberikan oleh Ketua Kahorti, Untung Indrasaputra, pengurus bidang pelatihan, Dambung Lamuara, dan pengurus bidang budidaya, Nur Prayudianto.

Pelatihan diikuti oleh 4 kelompok tani yang sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan yang diselingi dengan praktek grafting tanaman alpukat. Dengan adanya pelatihan ini, kelompok tani yang telah menerima pembagian bibit buah-buahan diharapkan dapat melakukan perawatan tanaman secara tepat dan benar sehingga tanaman bisa berbuah lebat pada saatnya, dan menjadi sumber vitamin bagi keluarga maupun sumber penghasilan tambahan.

Kahorti juga menyampaikan komitmennya untuk melakukan monitoring kegiatan penanaman dan perawatan sampai berbuah sekitar 3-4 tahun mendatang, serta mengadakan program kegiatan pasca panen khususnya buah markisa.

Selesai acara, Kahorti dan Kagama Solo Raya dijamu oleh keluarga Drg. Nana Irfan, salah satu anggota Kagama yang berdomisili di Kecamatan Weru, Sukoharjo. Selain beramah-tamah dan acara pembagian doorprize, pada kesempatan tersebut Untung Indrasaputra menyampaikan beberapa program kerja lanjutan yang akan dilakukan Kahorti selama satu tahun ke depan.

“Kahorti akan bersinergi dengan Pengda maupun Pengcab Kagama / instansi / lembaga lainnya untuk mewujudkan program kerjanya terutama dalam pemberdayaan masyarakat dan kawasan tertentu,” pungkas Untung.