KAGAMA Beksan Jabodetabek Menampilkan Cuplikan Ramayana Pada Acara Pawarta di Gedung Hutama Karya

Pada hari Sabtu 26 Oktober 2019 apabila di Kampus UI menampilkan flashmob Wira Pertiwi, Kagama Beksan Jabodetabek juga tampil di waktu yang sama dalam acara Pawarta (Paguyuban Warga Jogja di Jakarta) memperingati hari jadi kota Yogyakarta ke-263 bertempat di Gedung Hutama Karya. Kali ini dua penampilan sekaligus dalam satu acara, pertama adalah pentas tari Beksan Senggana-Yaksadewa dan yang kedua adalah flashmob wanaran sesuai dengan permintaan panitia.

Beksan Senggana-Yaksadewa yang merupakan cuplikan dari adegan Ramayana yang menceritakan tentang perang tanding antara Raden Senggana (Hanoman) dengan Yaksadewa putra dari Rahwana. Peperangan ini terjadi saat Senggana diutus Rama Wijaya mencari Dewi Shinta yang diculik Rahwana ke negeri Alengka. Setelah bertemu dengan Dewi Shinta dan menyampaikan pesan Sri Rama di Taman Argasoka, Senggana mengobrak abrik taman untuk memancing kedatangan Rahwana. Ulah Senggana ini diketahui oleh Yaksadewa, salah satu putra dari Rahwana dan dia sangat marah melihat rusaknya Taman Argasoka. Akhirnya terjadilah perang tanding antara Senggana dengan Yaksadewa, namun peperangan ini berakhir dengan kemenangan Senggana.

Kagama Beksan hanya memiliki waktu tidak sampai sebulan untuk mempersiapkan ini hingga harus menambah porsi latihan selain di jadwal rutin setiap Sabtu pukul 13.00. Kedua penari Hendricus Widi sebagai Senggana yang merupakan alumni Teknik Sipil angkatan 1998 dan Trihatma Satoto berperan sebagai Yaksadewa alumni Fakultas Hukum angkatan 1985, menyempatkan diri berlatih di sela kesibukan pekerjaan dan ruwetnya jalanan di Jakarta setelah jam kerja demi penampilan yang memuaskan saat pentas.

Selain menampilkan Beksan Senggana-Yaksadewa, Kagama Beksan juga menampilkan Flashmob Wanaran. Kali ini dari penari Kagama Beksan hanya dibatasi sebanyak 15 orang saja, karena tempat yang tidak terlalu luas dan ingin memberi kesempatan untuk penonton turut serta dalam tarian ini. Dan memang banyak juga dari panitia dan tamu udangan yang ikut menari bersama.

Di akhir acara panitia merasa sangat puas dengan penampilan Kagama Beksan Jabodetabek yang telah menghadirkan kesenian nuansa Jogja di Jakarta, dan berkenan untuk menjalin kerjasama kembali pada event selanjutnya.

Penulis: Hendricus Widi

Foto : Fajar Nugroho & Suryadi Tjakrasana

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*