KAGAMA Balikpapan Peduli Covid-19

Oleh: Yuniar Surindrasworo

Pandemi Virus Corona versi 2019 atau yang lebih dikenal saat ini dengan sebutan Covid-19 masih belum berlalu dari Indonesia. Khususnya di Balikpapan yang hingga hari ini Rabu 8 April 2020 ini masih tercatat 17 kasus positif Covid-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan telah dibentuk dengan SK Walikota, sekaligus Walikota Balikpapan Rizal Effendi, SE. sendiri yang bertindak sebagai Ketua.

Gayung bersambut dengan bangkitnya kepedulian berbagai elemen masyarakat Kota Balikpapan turun memberikan dukungan kepada pemerintah kota. Berbagai usaha penggalangan partisipasi dilakukan, mulai dari edukasi masyarakat, kesadaran kesehatan lingkungan dan bantuan langsung kepada paramedis sebagai tulang punggung penanganan pasien yang terpapar Covid-19. Gerak capat memang diperlukan seiring dengan program pemerintah pusat untuk mencukupi fasilitas pendukung medis kepada daerah. Sering terdengar laporan beberapa Rumah Sakit Rujukan yang mengalami kesulitan peralatan kesehatan, terutama alat pelindung diri bagi dokter dan perawat yang bertugas menangani Pasien Dalam Pengawasan maupun Pistif Covid-19.

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Balikpapan salah satu wadah alumni yang cukup aktif tidak ketinggalan berpartisipasi mendukung pemerintah kota. Penggalangan donasi dan peran serta dari anggotanya telah dilakukan dan masih berjalan hingga saat ini. Diawali dengan produksi handsanitizer dan pembagian kepada masyarakat umum pada saat barang tersebut langka di pasaran. Penyaluran donasi berkembang dengan pengiriman alat pelindung diri (APD) berupa Masker Medis, Baju Coverall dan Sarung Tangan Medis ke 3 (tiga) Rumah Sakit Rujukan di Balikpapan, yaitu Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo, Rumah Sakit Umum Daerah Beriman dan Rumah Sakit TNI dr. Harjanto. Kegiatan tersebut berdasarkan informasi kebutuhan yang diterima dari masing-masing Rumah Sakit.

Pada penyaluran bantuan dari PP Kagama & Kagama care tahap kedua ini KAGAMA Balikpapan melakukan secara terpusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Bantuan diterima sendiri oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, SE. di Posko Gugus Tugas Balaikota Balikpapan pada Rabu 8 April 2020. Bantuan APD yang diserahterimakan terdiri dari : 100 set Baju Coverall, 25 buah Kacamata Google, 20 buah Kacamata Blinker, 24 buah Faceshield, 200 buah Masker Non-Medis dan 40 liter Handsanitizer Refill. Kemudian ditambahkan juga 15 buah Spanduk himbauan masyarakat untuk jaga jarak sosial, wajib pakai masker dan cuci tangan pakai sabun yang selanjutkan akan dipasang di berbagai lokasi strategis Kota Balikpapan.

Walikota Balikpapan selaku Ketua Gugus Tugas menyampaikan apresiasi positif dan terima kasih atas dukungan Kagama Balikpapan, serta berharap dukungan tersebut akan terus berjalan hingga Balikpapan dapat segera keluar dari masa pandemi Covid-19.Peran serta masyarakat dengan berbagai usaha, diharapkan dapat meringankan tugas pemerintah terutama tim paramedis yang sedang bekerja keras.

“Kagama Balikpapan masih tetap membuka dan menerima donasi dari alumni dan masyarakat umum, sehingga dukungan seperti ini akan terus berjalan pada kesempatan berikutnya nanti” penjelasan dari Fauzul Idhi Pengurus KAGAMA Cabang Balikpapan yang mewakili penyerahan bantuan.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*