Rayakan HUT Kemerdekaan ke-78 RI, UGM & Kagama Yoga Gelar “Yoga Mahardika” di Balairung

Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, UGM bekerjasama dengan PP Kagama dan Kagama yoga menggelar kegiatan Nusantara Beryoga Bersama Kagama (NBBK) berjudul “Yoga Mahardika” di Balairung, Minggu (27/8/2022). Acara yoga spesial berlangsung hybrid, yaitu dilaksanakan secara fisik di Balairung UGM dan online via Zoom Meeting.

Yoha Mahardika diikuti oleh total sekitar 90 peserta, baik yang online maupun offline. Selain dari Kagama Yoga dan Padma Yoga, juga hadir peserta khusus dari komunitas Ayo Yoga Sleman.

Sebelum acara yoga dimulai, berkenan memberikan kata sambutan secara daring Wakil Ketua Umum II PP Kagama, Anwar Sanusi, dan Lies Sulistyowati mewakili rektorat. Mereka intinya menyambut baik kegiatan beryoga di Balairung, karena mengajarkan gaya hidup sehat.

Setelah itu barulah acara yoga secara hybrid dimulai, dengan instruktur Ode Purnama dan Ningrum Ambarsari membimbing peserta secara online. Selama sekitar 1,5 jam mereka berdua mengajarkan beberapa macam gerakan yang membuat peserta di Balairung mengucur deras keringatnya.

“Lelah berkeringat namun puas rasanya. Badan jadi terasa segar,” ujar salah satu peserta bernama Nana.

Seusai acara berakhir, ketua Kagama Yoga, Patah Ansori mengatakan komunitas yang dipimpinnya memang ingin mengajak masyarakat luas untuk hidup sehat dengan yoga. Ia kemudian menyebutkan beberapa manfaat yoga, di antaranya meningkatkan fleksibilitas tubuh, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, mengurangi nyeri punggung, meningkatkan kesehatan mental, dan membantu proses pemulihan penyakit.

“Kagama Yoga akan terus konsisten mengadakan kegiatan baik online maupun offline. Kami ada rencana beryoga di Balairung tiga kali dalam setahun, yaitu bulan Juni pada Hari Yoga sedunia, Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan, dan Desember pada Dies Natalis UGM. Semoga bisa terwujud,” pungkas Patah.