Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 Menghilangkan Jati Diri Bangsa

Oleh: Prof. Dr. Cahyono Agus *)

Ketum PP PKBTS (Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa) Ki Prof Cahyono Agus, mengapresiasi sepenuhnya tersusunnya peta jalan pendidikan Kemendikbud RI 2020-2035 yang modern, sistimatis, terstruktur berbasis kondisi saat ini dan bervisi futuristik. Namun demikian, justru menghilangkan jati diri bangsa, masih terasa kekosongan jiwa, tidak adanya roh dan akar unggulan budaya, religi, nusantara, historis dan jiwa perjuangan nasionalisme.

Hal ini disampaikan saat RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum) Panja Peta Jalan Pendidikan Komisi X DPR RI Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara I Jakarta, 19 November 2020. Bersamanya, juga diundang serta menyampaikan pendapat adalah Dekan Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Malang; Indra Charismiadji (Pengamat Pendidikan); Ubaid Matraji (Kornas JPPI). RPDU membahas tentang Kajian Konsep Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 Kemendikbud RI dan belanja masalah aspek kebijakan pendidikan dasar, menengah dan kejuruan (Merdeka Belajar).

Prof. Cahyono menyerahkan buku-buku dan publikasi ajaran luhur Ki Hadjar Dewantara kepada Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP

Konsep peta jalan masa depan dan konsep Merdeka Belajar yang diusulkan masih kental mengacu dan mengunggulkan pada konsep modern luar negeri, namun tidak memperhatikan histori peta jalan pendidikan yang pernah dilampaui sejak belum jaman merdeka. Dengan demikian justru malah kehilangan jati diri bangsa, tidak mengacu apalagi mengakar kuat pada budaya unggulan dan norma yang berkembang pada masyarakat sejak lama. Track record seabad kiprah Tamansiswa oleh Ki Hadjar Dewantara tahun 1922, Muhammadiyah oleh KH Ahmad Dahlan tahun 1912, Nahdatul Ulama oleh KH Hasyim Ashari tahun 1926 tidak menjadi pertimbangan, apalagi menjadi acuan penting, bahkan cenderung diabaikan.

Ki Hadjar telah mengembangkan pendidikan nasional berbasis budaya lokal sendiri dengan proses akulturasi seni permainan (Fröbel), panca indera & kemerdekaan (Montessori), wirama (Stiener), seni musik & tari (Dalcroze) dan seni & alam lingkungan (Tagore) sejak seabad lalu. Pendidikan merdeka bertanggung jawab telah dikembangkan KI Hadjar puluhan tahun sebelum Indonesia merdeka, dengan tetap mendasarkan pada jati diri bangsa, berakar kuat pada budaya luhur bangsa, dengan mengakulturasikan sistem pendidikan unggulan dunia. Kalau sekarang pemerintah masih belanja masalah pendidikan masa depan dari berbagai manca negara dan memformulasi kebijkan pendidikan nasional mulai dari awal lagi, tanpa memperhatikan historinya, maka berarti terjadi kemunduran seabad juga.

Ki Hadjar Dewantara dengan tegas mengatakan bahwa sifat, bentuk, isi dan laku hidup & kehidupan sendiri, jangan berupa tiruan dari asing belaka. Konsep-konsep Pendidikan karakter khas unggulan nusantara harus tetap dipertahankan, diperkaya, dan disempurnakan agar menjadi acuan renaisance Pendidikan generasi Indonesia emas. Bukan memulai kompilasi lesson learn manca negara dari awal lagi.

Tamansiswa bersiap-sedia berkontribusi nyata untuk memperkaya, mengisi, dan menyempurnakan peta jalan pendidikan 2020-2035 yang modern futuristic ini. Agar tetap mempunyai roh dan jati diri bangsa Indonesia, dengan berakar kuat pada budaya luhur nusantara sendiri. Ki Cahyono mengusulkan renaisanse ajaran luhur Ki Hadjar Dewantara agar selaras mengisi misi histori dan futuristik peta jalan pendidikan 2020-2035 Kemendikbud RI.

Jakarta, 19 Nopember 2020

*) Informasi Penulis:

  • Ketua Umum Pimpinan Pusat Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PP PKBTS)
  • Guru Besar UGM Yogyakarta
  • Anggota MLPTS (Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa)
  • Anggota Dewan Pendidikan DIY
  • Email: cahyonoagus@gadjahmada.edu
  • HP: 08156888041

File PDF bisa didownload di sini:

1 Comment

  1. Saya selaku mahasiswa setuju dgn apa yg bapak sampaikan
    Selain itu juga, saya melihat bahwa orientasi pendidikan kita sudah hampir keluar jalur (dalam artian ingin melaju, tapi lupa akan tujuan awal pendidikan nasional)

    Saya rasa, perlu dikaji secara mendalam & berdiskusi bersama para pakar pendidikan guna merajut pendidikan yg kokoh di masa mendatang

    Terimakasih pak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*