TIM KKN-PPM UGM Samboja Berjaya Mengadakan Kegiatan dengan Tema “Lestari Alam untuk Ibu Kota Negara”

Penanaman Mangrove di Pantai Tanah Merah
Penulis: Novi Yuliana

Pada hari Senin 27 Januari 2020), Tim KKN-PPM UGM Samboja Berjaya mengadakan kegiatan penanaman Mangrove di Pantai Tanah Merah Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penanaman kembali pohon mangrove yang telah banyak tumbang dan menambah panorama wisata di Pantai Tanah Merah.

Kegiatan penanaman dimulai pukul 08.00 WITA yang melibatkan warga RT 01 dan Karang Taruna Kelurahan Tanjung Harapan. Penanaman diikuti sebanyak 30 orang dengan jumlah 100 bibit Mangrove. Adapun sebelum kegiatan penanaman dilakukan survei lokasi yang akan dilakukan penanaman untuk dipastikan kondisi pasang surut air laut.

Penanaman ini dilakukan juga untuk mencegah abrasi air laut dikawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan lahan perkebunan warga sekitar. Hutan mangrove juga berfungsi sebagai pemecah gelombang laut secara alami di sepanjang pantai dan menambah ruang terbuka hijau


Tim KKN-PPM UGM Mengunjungi Borneo Orangutan Survival Foundation
Penulis: Galih Ramadhan

Pada hari Rabu 29 Januari 2020, Tim KKN-PPM UGM Samboja Berjaya mengadakan acara kunjungan ke Sun Bear Borneo Orangutan Survival Foundation (Sun Bear BOSF) di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Acara tersebut diselenggarakan dengan tema “KKN goes to Nature” sebagai wujud kepedulian terhadap alam sekitar.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WITA dengan antusiasme mahasiswa dan KAGAMA Kaltim menjelajahi medan tanah dan berliku. Anggota KAGAMA Balikpapan Lalu F Adil yang akrab disapa Didik, alumni Fakultas Biologi UGM, yang juga pemilik Woody Park menuturkan mencintai alam itu penting yang karenya alam akan mencintai manusia juga. Pengenalan satwa dipandu oleh drh. Agus selaku pihak manajemen dari BOSF yang juga merupakan alumni UGM memperkenalkan satwa beruang madu dan orang utan yang menjalani konservasi. Mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat beruang madu dan orang utan secara dekat dan mengamati kondisi satwa yang ada. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, termasuk beruang madu dan orang utan yang kondisinya di alam liar saat ini terancam punah akibat rusaknya habitat mereka.

Tim KKN-PPM UGM Mengunjungi Mangrove Center
Penulis: Galih Ramadhan

Pada hari Rabu 29 Januari 2020, Tim KKN-PPM UGM Samboja Berjaya mengadakan acara kunjungan ke Mangrove Center Graha Indah, Balikpapan. Acara tersebut diselenggarakan dengan tema “KKN goes to Nature” sebagai wujud kepedulian terhadap alam sekitar.

Acara dimulai pada pukul 16.30 WITA dengan antusiasme mahasiswa dan KAGAMA Kaltim menyusuri sungai bakau dengan perahu motor. Mangrove Center Graha Indah ini dicetuskan oleh Agus Bei, ‘Orang Gila’ yang mendapat penghargaan kalpataru dari Presiden Joko Widodo. Beliau menuturkan bahwa hutan bakau ini dirintisnya bersama dengan mahasiswa KKN pada saat itu. Kawasan Mangrove Center Graha Indah Balikpapan menawarkan pesona pohon bakau Rhizopora sp. yang teduh. Di kawasan ini juga tinggal kawanan bekantan yang kondisinya saat ini juga sudah terancam punah. Ketika tengah asik mengamati bekantan, rombongan mahasiswa KKN-PPM UGM dikejutkan dengan kemunculan pesut yang menyibakkan ekornya membuat percikan air. Serentak semuanya terdiam untuk menunggu kemunculannya lagi. Dapat melihat pesut di Teluk Somber merupakan kesempatan yang langka. Pentingnya menjaga kelestarian alam seperti tidak membuang sampah sembarangan harus semakin ditingkatkan agar anak-anak di masa mendatang masih dapat melihat bekantan dan pesut di habitatnya sendiri.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*