PONTAR Pondok Pintar Salah Satu Program Kerja KAGAMA Balikpapan

Pada tanggal 15 Maret 2020, Pengcab Kagama Balikpapan mulai menjalankan salah satu program kerjanya yaitu Pondok Pintar (PONTAR) Kagama. PONTAR adalah wadah yang dibentuk sebagai upaya penyaluran keilmuan atau keahlian yang dimiliki anggota Kagama untuk kemudian dibagi dan diimplementasikan kepada anggota Kagama lain atau masyarakat umum di wilayah Balikpapan khususnya dan Kaltim umumnya.

Di awal kegiatan kali ini, PONTAR Kagama Balikpapan dilaksanakan di RT 24, Lamaru, Balikpapan Selatan, yang juga merupakan daerah desa binaan Kagama Balikpapan dalam pembudidayaan lele, terkait masalah stunting sebelumnya didesa ini. Teman-teman Kagama Balikpapan memberikan pelatihan tentang bagaimana cara pemasaran secara online. Tema ini dipilih berdasarkan permintaan warga setempat. Dalam pelatihan ini nantinya akan dibagi menjadi 4-5 sesi pertemuan.

Sesi pertama, warga diperkenalkan terlebih dahulu tentang deskripsinya, apa yang harus dipersiapkan serta komponen-komponen biaya yang menyertainya. Selanjutnya paa pertemuan berikutnya, warga akan diberi tugas untuk menentukan komoditas-komoditas apa saja yang akan dipasarkan dan bagaimana menyikapi permintaan pasar dengan tetap mempertimbangkan kemampuan produksi dari sumber daya manusia serta sumber alam di daerah tersebut.

Warga sangat antusias sekali mengikuti pelatihan ini dan berharap kegiatan-kegiatan selanjutnya memberi nilai positif bagi perekonomian warga pendukungnya.

Salam guyub saklawase

Liputan: Nunik Gunawan

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*