Oleh: Ekan NS
Pada tanggal 17 Mei 2020, satu minggu sebelum lebaran saya dijawil oleh kakak angkatan bernama Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi, MSi. (biasa akrab disapa Cipuk), warga Kagama Fakultas Psikologi ’96 yang sekarang menjadi Direktur Utama PT. Jasa Armada Indonesia Tbk. Ternyata beliau ini sedang berulang tahun. Alih-alih saya memberikan kado untuknya, justru beliau meminta saya untuk mengirimkan proposal dari Kagama Care. Langsung saya dibantu mas Sulastama Raharja memenuhi keinginan beliau.
Tanpa proses yang ribet dan repot, tanpa berganti minggu apalagi bulan, saya langsung dikirimi bukti transfer donasi dari rekan-rekan Direksi dan Komisaris PT. Jasa Armada Indonesia Tbk untuk dua kegiatan Kagama Care yaitu pengadaan APD dan sembako. Rp. 25 juta masuk melalui rekening PP Kagama.
Kejutan berikutnya, seminggu kemudian, saya dijawil kembali melalui WA, “Tak tambahi transferan tahap 2, tolong dibuatkan tanda terima ya.” bunyi pesan yang masuk sembari mengirim bukti transfer 20 juta rupiah.
Duh makclesss rasanya. Charging semangat untuk selalu menyala, lanjut packing APD dan mengembangkan canthelan di berbagai wilayah. Usut punya usut, ternyata jawilan tersebut memang sesuai dengan prinsip yang dianut oleh PT. Jasa Armada Indonesia Tbk, bahwa tujuan hidup manusia adalah memberikan manfaat bagi keluarga, sesama, masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara serta semesta alam. Demikian pula sebuah perusahaan, dari awal didirikan agar bisa tumbuh berkesinambungan dan tujuan akhirnya adalah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh stakeholders.
PT. Jasa Armada Indonesia Tbk sebagai sebuah korporasi yang merupakan garda terdepan sistem logistik nasional melalui penyediaan Jasa Pelayanan Pemanduan dan Penundaan kapal-kapal yang masuk ke pelabuhan di seluruh wilayah operasi PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) serta wilayah operasi di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di luar wilayah operasi PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), maka dalam pengoperasian korporasi pastilah bersinggungan dengan lingkungan sekitar dimana tempat usaha dilakukan.
Untuk keberlangsungan usahanya (sustainability), PT. Jasa Armada Indonesia Tbk, disamping memberikan pelayanan yang prima yang menghasilkan keuntungan usaha (Profit), juga harus bersinergi tumbuh bersama dengan seluruh stakeholder, termasuk lingkungan masyarakat sekitar (People). Untuk itu program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan secara tepat sasaran, tepat guna dan manfaat, komprehensif dan berkesinambungan. Di samping itu Program CSR PT. Jasa Armada Indonesia Tbk ini juga menyentuh keseimbangan, keserasian dan keharmonisan sinergi dengan lingkungan di sekitarnya (Planet), nilai, adat budaya, norma masyarakat sekitarnya yang menjadi nilai tambah bukan hanya bagi perusahaan, namun juga bagi lingkungan dan masyarakat.
CSR PT. Jasa Armada Indonesia Tbk “Humanity, Love, and Culture” hadir dalam 4 (empat) pilar perwujudannya, yaitu :
a. Education & Religion
b. Youth & Enterpreneurship
c. Sport, Art & Culture
d. Health, Social & Environment
Terima kasih telah menaruh kepercayaan kepada Kagama Care. Semoga berkah bagi semua pihak.
Avignam Jagat Samagram
Leave a Reply