Pengabdian Kepada UGM & KAGAMA dari Seorang Destina Kawanti

Wanita cantik murah senyum itu bernama Destina Kawanti. Teman-temannya biasa memanggilnya Nina. Lahir di Sleman 14 Desember 1973, ia menempuh pendidikan dari SD sampai SMA di tanah kelahirannya. Lulus dari SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman ia ikut UMPTN namun sayang tidak diterima. Terpaksa ia nganggur selama setahun sembari persiapan mengikuti test masuk PTN lagi. Akhirnya tahun depannya ia diterima di Fakultas Biologi UGM.

Sejah saat itulah ia menikmati hari-harinya menjadi seorang mahasiswi dengan seabrek aktifitas positip. Dari perkuliahan reguler, praktikum di lab, sampai sempat menjadi volunteer di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas seperti menjadi panitia opspek, kongres senat, seminar dll. Sementara di BEM Fakultas ia sempat menjabat sebagai Ketua Bidang III urusan minat & bakat. Meski segudang kegiatan dijalaninya namun ia tetap fokus pada studi, sehingga tahun 1998 ia berhasil menamatkan studi S1-nya.

Namun lulus di tahun 1998 bukanlah hal yang ideal karena kita tahu tahun 1998 ada peristiwa reformasi yang sangat berpengaruh terhadap semua sektor kehidupan termasuk kesempatan kerja. Akibatnya baru pada tahun 1999 Destina berhasil mendapatkan pekerjaan yaitu menjadi PNS di Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Jawa Timur di Jombang yang merupakan salah satu UPT Dirjen Perkebunan Departemen Kehutanan. Pada tahun 2005 ia minta pindah ke Dinas Perkebunan Propinsi di Surabaya & permohonannya dikabulkan. Di tempat pekerjaan barunya itulah Destina melanjutkan studinya, yaitu kuliah S2 pada Magister Manajemen Pemerintahan & Politik Lokal di Universitas Airlangga tahun 2008-2010, untuk mendukung pekerjaannya. Namun takdir berkata lain, tak dinyana tahun 2012 ada tawaran pekerjaan menarik dari Badan Narkortika Nasional (BNN) Jawa Timur yang terlalu sayang untuk ditolak. Sebuah pekerjaan sangat baru & asing baginya, sekaligus tantangan buatnya.

Kalau di Balai Proteksi Tanaman Perkebunan & Dinas Perkebunan Propinsi pekerjaannya relatif begitu-begitu saja & setiap hari berhubungan dengan tumbuhan, namun di BNN dunianya berubah 180 derajat baik jenis pekerjaannya maupun obyek yang ditangani. Di BNN ia setiap hari mesti berinteraksi dengan banyak orang yang rentan terkontaminasi narkoba. Jabatannya di BNN saat itu adalah Kasie Diseminasi Informasi yang tugasnya menangani pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dijalaninya sampai 3 tahun yaitu pada tahun 2012-2015. Lalu tahun 2015 ia mendapat jabatan baru sebagai Kasie Pemberdayaan Masyarakat, sampai tahun 2017. Berbagai cara & metode ia gunakan semisal mengadakan roadshow di kampus dengan tajuk “Jazzay No to Drugs”, bekerja sama dengan komunitas musik & UKM universitas-universitas yang ada di kota buaya. Ada cara yang unik juga yaitu mengadakan penyuluhan langsung kepada kaum marginal seperti LGBT. Lokasinya umumnya di ruang publik seperti taman, warung kopi, bahkan emperan toko.

Selama di Surabaya selain disibukkan dengan pekerjaannya rupanya Destina masih sempat aktif juga beraktivitas di dunia yang menarik minatnya. Tahun 2009-2013 ia pernah menjadi bendahara PERBASI Surabaya & 3 kali menjadi manager tim putri basket Surabaya di Pekan Olahraga Propinsi Jatim. Selain aktif di PERBASI ia juga menjadi kontributor media musik online www.jazzuality.com, sebuah media yang membahas tentang aktivitas & seluk beluk musik jazz. Kemudian ia juga aktif di Pengda KAGAMA Jawa Timur, bahkan pada tahun 2015 ia pernah menjadi ketua panitia Temu Alumni Akbar KAGAMA Jatim.

Sebenarnya Destina betah bekerja di BNN, namun tahun 2017 kondisi kesehatan ayahandanya mulai menurun sehingga ia mengajukan mutasi ke Yogyakarta agar bisa merawatnya. Ia bersyukur permohonannya dikabulkan & dimulailah pekerjaan barunya di Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM. Sekedar info, DPKM adalah lembaga di bawah Rektorat UGM yang mengelola program-program pengabdian masyarakat oleh UGM baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen.

Di DPKM jabatan pertama yang diemban Destina tahun 2017 adalah sebagai Kasie Pengembangan Program KKN. Lalu tahun 2019 ia mendapatkan jabatan baru sebagai Kasie Pembinaan Masyarakat yang bertugas menangani kemitraan di bidang pengabdian masyarakat, yang salah satu tugasnya ikut dalam pengelolaan ‘partisipasi’ pada bencana di daerah yang bisa dihandel. Seperti bencana banjir besar di wilayah Jabodetabek dan Banjir Bandang di Lebak Banten pada awal tahun 2020 yang lalu DPKM juga ikut turun tangan dimana DERU (Disaster Response Unit) dan Kagamacare turut terjun langsung ke lapangan. DERU merupakan respon UGM pada kebencanaan yang di koordinir oleh DPKM.

Bisa mendapat pekerjaan di lingkungan UGM di bidang pengabdian sungguh tidak disangka oleh Destina. Namun ia sangat bersyukur karena itu berkorelasi positif dengan kegiatan yang sudah dijalaninya lebih dari 10 tahun yang lalu yaitu ia ‘mengabdikan’ dirinya untuk rekan-rekan Kagama. Awalnya ia aktif di Yahoo Milis Kagama Muda yang anggotanya lumayan banyak mantan aktifis BEM, dimana para anggotanya rajin berbagi info tentang kegiatan Kagama. Seiring pudarnya era kejayaan milis & melejitnya sosial media yang bernama Facebook, Destina bersama Sulastama Raharja, Nurhadi, Wahyu W. Basyir, Tri H. Sulistyo dll mendirikan sebuah grup FB bernama Kagama Virtual (KaVir). Tujuan KaVir dibuat adalah untuk mewadahi teman-teman yang tidak terakomodasi dalam forum resmi Kagama serta minim info tentang Kagama.

Berawal dari ajang silaturahmi biasa ternyata perkembangan KaVir sungguh sangat dahsyat, bahkan mungkin para pendirinyapun tidak menyangka termasuk Destina. Seperti bola salju yang menggelinding komunitas KaVir semakin membesar dari tahun ke tahun, baik jumlah anggotanya maupun aktivitasnya. Ada 2 hal penting yang lahir dari rahim KaVir yaitu munculnya komunitas-komunitas yang terbentuk karena kesamaan minat serta passion di KaVir & pengumpulan beasiswa.

Yang pertama, pertumbuhan komunitas yang embrionya berasal dari KaVir sungguh luar biasa baik jumlah anggota maupun variasi jenisnya. Sampai saat ini ada banyak komunitas resmi yang sudah mendapat SK dari PP KAGAMA, seperti Kagama Beksan, Kagama Baking & Cooking, Kagama Virtual Writing, Kagama Lari Untuk Berbagi (KLUB), Kagama Sekar Gending, Kagama Dance dll. Yang belum mendapat pengesahan resmi juga tak kalah banyaknya. Semua komunitas itu berlomba-lomba ‘bersaing’ secara positip berkarya yang pada ujungnya ikut mengangkat citra Kagama. Destina sendiri tergabung dalam Kagama Lari Untuk Berbagi (KLUB) yang tahun lalu bersama DKUI UGM menggelar event UGM International Trail Run di Wanagama yang selanjutnya akan menjadi event tahunan, Kagama Beksan, Kagama Dance & Kagama Sekar Gending.

Yang kedua, pengumpulan beasiswa yang mulai digulirkan tahun 2011 sungguh mencengangkan seiring bertambahnya tahun. Awalnya dulu dari iuran anggota masing-masing sebesar 50 ribu hanya terkumpul sejumlah 48 juta yang disalurkan kepada 16 mahasiswa. Lama-lama jumlahnya berkembang pesat hingga menembus angka 1 milyar di tahun 2018, terdistribusi kepada hampir 300 mahasiswa. Sumber beasiswa selain dari urunan anggota KaVir, juga dari hasil lelang barang (kopi, buku, batik dll), hasil nonton bareng, bantingan saat ada gathering, setoran dari berbagai komunitas & sumber-sumber lainnya.

Ada 5 rekening warga KaviR yang digunakan untuk menerima sumbangan beasiswa. Apabila sudah terkumpul 100 juta terus selanjutnya disetor ke Rekening Sahabat UGM untuk dikelola sebagai beasiswa. Kemudian jumlah dana yang terkumpul lalu disetorkan ke DITMAWA (Direktorat Kemahasiswaan) UGM & merekalah yang mengatur distribusi beasiswa diberikan kepada siapa saja. Penyerahan beasiswa biasanya dilakukan pada acara Malam Alumni di balairung menjelang dies natalis. Info penyerahan beasiswa terakhir bisa dilihat di: http://ditmawa.ugm.ac.id/2020/02/pengumuman-penerima-beasiswa-kagama-2019/

Destina berpesan bagi yang ingin berkontribusi untuk Beasiswa Kagama bisa menyalurkan melalui nomer rekening:

  1. Eko Sutrisno Hadi Purnomo Ir – BCA KCP Otista Rek. 553-0247-734
  2. Sulastama Raharja S.T. Kagama Virtual – Bank Mandiri Cabang Duri Caltex Rek. 108-00-1124743-5
  3. Wijayanti – BNI Cabang UGM Yogyakarta Rek. 058-7799-092

Untuk Dana Abadi Beasiswa Kagama:

  1. Utty Damayanti – BCA KCP Jakarta Sampoerna Strategic Square Rek. 523-5145-569
  2. Destina Kawanti, S.Si – BNI Cabang UGM Yogyakarta Rek. 061-4000-265

Rekam jejak pengabdian Destina terhadap KAGAMA akhirnya mengantarkannya menjadi Koordinator Departemen Fasilitasi KAGAMA Cabang Luar Negeri dan Komunitas di bawah Bidang I. Organisasi & Keanggotaan. Bersama rekan-rekan PP Kagama Masa Bakti 2019-2024 lainnya dilantik secara resmi pada tanggal 14 Desember 2019 di Balairung. Selamat bertugas Destina sang pengabdi yang tak kenal lelah berjuang untuk UGM & KAGAMA.

Event Akan Datang

Urban Farming

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*